Keputusan Brexit Turunkan Prospek Ekonomi untuk Inggris

"Keputusan Brexit mengantarkan mereka kepada ketidakpastian"
Ilustrasi (http://www.ashurst.com/)

KLIKPOSITIF - Uni Eropa (EU) menurunkan prospek ekonomi untuk Inggris dan seluruh blok karena melihat keputusan Brexit mengantarkan mereka kepada ketidakpastian dan akan membebani pertumbuhan.

Pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di 19-negara zona euro diperkirakan akan melambat menjadi antara 1,3 persen hingga 1,5 persen pada 2016 dari perkiraan sebelumnya 1,7 persen pada Mei. Angka-angka pertumbuhan yang sama diperkirakan untuk tahun berikutnya.

"Ini berarti hilangnya PDB 0,25 persentase poin menjadi 0,5 persen pada 2017, yang kurang daripada di Inggris (1,0 menjadi 2,75 persen)," kata sebuah laporan yang diterbitkan oleh Komisi Eropa, badan eksekutif blok itu.

"Pilihan tinggalkan oleh warga Inggris diperkirakan akan memperlambat konsumsi dan investasi swasta serta dampaknya terhadap perdagangan luar negeri," ungkap laporan itu.

Laporan itu memperingatkan bahwa referendum Inggris telah menciptakan sebuah "situasi yang sangat tidak pasti," yang kemungkinan akan berlangsung untuk beberapa waktu, dan akan mempengaruhi tidak hanya Inggris tapi juga seluruh ekonomi Uni Eropa melalui beberapa saluran transmisi, terutama ketidakpastian, investasi, perdagangan, dan migrasi.

Peningkatan ketidakpastian di Inggris dan negara-negara anggota lainnya diperkirakan akan menghambat keputusan investasi baik dengan penundaan mereka atau dengan pengambilan mereka dari meja, setidaknya sampai ketidakpastian berkurang.

Sementara blok tersebut sedang berjuang untuk melawan tingkat pengangguran hampir dua digit.

Keputusan Brexit diprediksi memperlambat pemulihan pasar tenaga kerja yang sedang berlangsung karena meningkatnya penghindaran risiko dan melemahnya permintaan domestik akan memiliki dampak negatif pada keputusan perekrutan perusahaan.