Prestasi Anjlok di MTQ Sumbar ke-38 Sumbar, Pemkab Pessel Tetap Beri Penghargaan pada Kafilah

"pada MTQ ke 38 di Kota Solok ini, Pesisir Selatan hanya meraih empat medali, dan dua cabang lainnya yang jadi andalan tidak mampu meraih medali."
Bupati Pessel, Hendrajoni saat pelepasan Kafilah Pessel (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Kafilah Kabupaten Pesisir Selatan terpaksa harus menelan prestasi mudur pada ajang MTQ Nasional ke 38 tingkat Sumbar yang digelar di Kota Solok.

Dari 19 kabupaten/kota, Pesisir Selatan hanya mampu berada di peringkat ke 12 dan jauh lebih rendah dari prestasi MTQ tahun 2017 sebelumnya sukses pada urutan ke 6 di Kota Pariaman.

Berdasarkan rilis dari panitia pelaksana, juara satu berhasil diraih Kabupaten Tanah Datar, dengan 77 poin. Kemudian disusul Kota Padang, 65 poin dan diikuti Kota Pariaman, 60 poin.

Pada posisi tiga terakhir ditempati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat dan Kabupaten Solok, dengan poin masing-masing nol, tujuh dan delapan.

Sedangkan Pesisir Selatan yang di posisi 12, hanya mampu meraih poin 14 saja. Sejumlah cabang yang awalnya jadi andalan Pesisir Selatan, kalah.

Kepala Bagian Kesra, Yolly Aang Syofria mengatakan, pada MTQ ke 38 di Kota Solok ini, Pesisir Selatan hanya meraih empat medali, dan dua cabang lainnya yang jadi andalan tidak mampu meraih medali.

"Keempat medali itu dua diantaranya emas. Kemudian dua lainnya masing-masing perak dan perunggu," ulasnya kepada wartawan.

Kendati demikian, ia menambahkan, pihaknya tetap memberikan penghargaan pada para kafilah. Untuk medali emas diberikan Rp25 emas.

Sedangkan untuk perak dan perunggu mendapat Rp20 dan Rp15 juta. "Ini merupakan pengharhargaan dari daerah, biar tetap lebih semangat," tutupnya. (Kiki Julnasri)