33 PNS Pemko Payakumbuh Ikuti Ujian Dinas Kenaikan Pangkat

"Ujian dinas adalah suatu rangkaian kegiatan yang diperuntukan bagi PNS untuk dapat dinaikkan golongannya ke yang lebih tinggi di mana terjadi perubahan golongan dan yang bersangkutan tidak memenuhi syarat otomatis untuk berpindah golongan"
Pelaksanaan ujian dinas PNS Pemko Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 33 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemko Payakumbuh mengikuti ujian dinas tingkat I dan II serta penyesuaian ijazah di kantor UPT Kantor Regional BKN, Kota Padang, beberapa waktu lalu.

Kepala Bagian Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Payakumbuh, Dewi Mulia mengatakan pelaksanaan ujian dinas dan penyesuaian ijazah tersebut mengacu kepada PP No. 12 Tahun 2002 tentang perubahan atas PP No. 99 tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil.

"Ujian dinas adalah suatu rangkaian kegiatan yang diperuntukan bagi PNS untuk dapat dinaikkan golongannya ke yang lebih tinggi di mana terjadi perubahan golongan dan yang bersangkutan tidak memenuhi syarat otomatis untuk berpindah golongan," ujar Dewi, Senin (24/4).

Dikatakan, untuk mengikuti pelaksanaan ujian dinas dan penyesuaian ijazah tersebut, pihaknya mengusulkan sebanyak 36 orang PNS Payakumbuh yang telah memenuhi syarat. Namun dalam pelaksanaan hanya diikuti 33 orang saja.

"Kita mengusulkan 36 orang PNS dengan rincian ujian dinas tingkat II sebanyak 7 orang, ujian dinas tingkat I sebanyak 6 orang dan penyesuaian ijazah sebanyak 20 orang, tetapi yang mengikuti hanya 33 orang. 3 orang tidak hadir," terang Dewi.

Ujian dinas ini sendiri dilaksanakan sebelum Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan dipertimbangkan kenaikan pangkatnya ke dalam golongan yang lebih tinggi.

"Ujian Dinas tingkat I untuk kenaikan pangkat dari golongan/ruang Pengatur Tk.I/IId menjadi Penata Muda/IIIa dan Ujian Dinas tingkat II untuk kenaikan pangkat dari golongan/ruang Penata Tk.I/IIId menjadi Pembina/IV.a," pungkas Dewi. (*)