Waspada! Sejumlah Negara Ini akan Dilanda Gelombang Panas

"Beberapa negara yang merasakan efek tersebut ada di benua Afrika hingga Eropa"
ilustrasi gelombang panas (net)

KLIKPOSITIF -- Pertengahan tahun ini sebagian besar negara di dunia tengah menikmati musim panas. Namun, sepertinya kamu akan kesusahan menikmati liburan musim panas karena sebuah prediksi mengenai gelombang panas yang mengerikan ini.

Melalui AccuWeather, beberapa negara diprediksi akan dihantam gelombang panas yang sangat berbahaya. Beberapa negara yang merasakan efek tersebut ada di benua Afrika hingga Eropa.

Gelombang panas berbahaya yang diprediksi terjadi akan menghantam sebagian besar wilayah Eropa barat dan tengah. Menurut prediksi tersebut, temperatur akan mencapai 40 derajat Celsius.

Melansir dari CNN, gelombang panas ini terjadi akibat kombinasi antara badai di Samudra Atlantik dan tekanan udara tinggi di Eropa tengah.

Menurut prediksi, sejak Senin (24/6), temperatur beberapa negara tersebut akan mencapai angka 35 derajat Celcius hingga 40 derajat Celcius.

Walaupun terjadi dengan sangat sebentar, namun kondisi ini perlu diwaspadai mengingat momentum dan intensitas gelombang panas tersebut cukup berbahaya bagi manusia.

Menteri Kesehatan Prancis bahkan mengeluarkan perintah bagi warganya untuk menghadapi gelombang panas. Pasalnya, pada tahun 2018 lalu, gelombang panas menyebabkan 1.500 kematian di daerah tersebut.

Beberapa prediksi lain menyebutkan jika gelombang panas yang terjadi ini dapat memecahkan rekor temperatur terpanas yang pernah terjadi.

Akibat gelombang panas ini akan memberikan perasaan tidak nyaman pada beberapa rumah warga yang tanpa pendingin ruangan.

Bahkan malam hari akan terasa sangat panas. Sedangkan di siang hari, jika terlalu sering menghabiskan waktu di luar ruangan maka akan meningkatkan risiko terpapar gelombang panas.

Perkiraan cuaca menyebutkan jika di Eropa, temperatur musim panas akan meningkat dari bulan Juli hingga Agustus.

Sedikit throwback, pada tahun 2018 lalu, gelombang panas yang terjadi ... Baca halaman selanjutnya