Dana Kelurahan Kota Pariaman Segera Cair, Begini Pembagiannya

"Dana kelurahan yang berasal dari APBN dengan total keseluruhannya Rp 5.922.298.000 yang akan dibagi kepada 16 kelurahan di Kota Pariaman,"
ilustrasi (net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF- Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pariaman, Adrial mengatakan dana kelurahan akan segera cair.

“Dana kelurahan saat ini sudah masuk ke kas daerah dan sekarang kami sedang menunggu penyelesaian administrasi dari masing – masing kelurahan untuk pertanggung jawaban dana tersebut seperti surat keputusan (SK) Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK)," kata Adrial diruang kerjanya, Selasa 24 Juni 2019.

Dia menjelaskan terdapat dua sumber untuk dana kelurahan tersebut. Yang pertama dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), dan yang paling besar bersumber dari APBN.

“Memang ada dua sumber dana kelurahan namun yang terbesar berasal dari APBN dengan total keseluruhannya Rp 5.922.298.000 yang akan dibagi kepada 16 kelurahan di Kota Pariaman, sementara dari APBD sendiri totalnya keseluruhannya Rp 745.510.000," katanya.

Kepala Seksi Penyusun Anggaran BPKPD, Willy Firmadian menambahkan bahwa untuk anggaran dari APBN, masing-masing kelurahan akan mendapatkan Rp 370.138.000. APBD akan disesuaikan dengan kebutuhan kelurahan. "Ya alasannya, karna ada penambahan belanja modal sarana dan prasana, diperkirakan kelurahan rata-rata akan mendapatkan Rp 417 juta," kata Willy.

Berbeda dengan dana desa, sebutnya lagi, dana kelurahan hanya digunakan untuk pembangunan sarana prasarana kelurahan dan untuk pemberdayaan masyarakat kelurahan. "Dana ini sudah bisa didistribusikan namun, menunggu penyelesaian administrasi dari masing – masing kelurahan," ungkapnya.

Pencairan dana kelurahan dibagi menjadi dua tahap. Untuk tahap awal dana kelurahan sudah dikirim ke kas daerah oleh pusat pada bulan Mei 2019 kemaren dan tahap kedua rencananya pada bulan Agustus 2019 ini.

Ditempat terpisah, Kepala Bagian Pemerintah Sekretariat Daerah Kota Pariaman, Afwandi ... Baca halaman selanjutnya