6.908 Orang Jemaah Calon Haji Embarkasi Padang Diberangkatkan Juli Ini

Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Maman Saepulloh dan Wagub Nasrul Abit saat menyalami Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkarsi Padang 2019, Selasa (25/6) di Asrama Haji Padang.
Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Maman Saepulloh dan Wagub Nasrul Abit saat menyalami Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkarsi Padang 2019, Selasa (25/6) di Asrama Haji Padang.  (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 6.908 orang jemaah calon haji ditambah dengan 37 Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) serta 90 petugas kloter dari embarkasi Padang akan diberangkatkan ke tanah suci tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, Hendri usai pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkarsi Padang 2019, Selasa, 25 Juni di Asrama Haji Padang.

baca juga: Ditengan COVID-19, Kemenag Siapkan Dua Skema Penyelenggaraan Haji

"Jadi, untuk embarkarsi Padang ini akan memberangkatkan 18 kloter ke Arab Saudi. 13 kloter jemaah dari Sumbar dengan jumlah 5.005 orang dan 5 kloter jemaah dari Bengkulu dengan jumlah 1.940 orang, satu kelompok terbang dari 388 jemaah haji dan lima petugas kloter," ujarnya.

Dijelaskan Hendri, untuk jemaah haji yang berasal dari Bengkulu untuk tahun ini tidak lagi menginap di asrama haji embarkarsi Padang. Perubahan ini karena dampak dari keputusan Menteri Agam RI nomor 142 tahun 2013 tentang penetapan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya dan Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu sebagai Bandara Embarkasi Haji Antara.

baca juga: Kemenag Perpanjang Jadwal Pelunasan Biaya Haji dan Batasi Hal Ini

"Nanti jemaah Bengkulu hanya transit di Asrama Haji saja. Lalu, mereka langsung bertolak ke Madinah dari Bandara International Minangkabau (BIM)," tuturnya.

Sambungnya, kloter pertama embarkasi Padang akan mulai masuk Asrama Haji pada, Sabtu (6/7). Dan, jemaah akan berangkat ke Madinah pada Ahad (7/7).

baca juga: Puskesmas Lubuk Kilangan Lakukan Pengukuran Kebugaran Jasmani Calon Jamaah Haji

"Untuk itu kami minta PPIH agar memberikan pelayananan pelaksanaan ibadah haji kepada seluruh jemaah khususnya asal Sumbar, apalagi dalam mensukseskan proses pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji ke tanah air," terangnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit memandang jumlah jemaah haji di Sumbar terus mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya kuota haji secara nasional. 

baca juga: Bandara Udara Kertajati Disetujui Jadi Embarkasi Haji 1441 Hijriah

"Untuk itu, jemaah haji agar memanfaatkan kesempatan berhaji dengan menimba amal ibadah sebanyak mungkin di tanah suci. Apalagi, saat ini untuk berhaji mesti menunggu penantian panjang," pungkasnya. 

Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Maman Saepulloh langsung melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkarsi Padang 2019. Susunan panitia yang terdiri dari Pengarah, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Ketua, Hendri, Wakil Ketua 1, Merry Yuliesday, Wakil Ketua II, Heri Nofiardi dan Sekertaris, Efrizal dan berapa bidang lainnya. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir