Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Dinas Pariwisata Sijunjung Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata dan Homestay

"Sasaran pelatihan ini untuk seluruh masyarakat yang berada di daerah wisata dan masyarakat pengelola wisata"
Pusat Informasi Geopark Silokek di Muaro Sijunjung (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung, Afrinaldi mengatakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengembangan pariwisata, pihaknya menggelar pelatihan tata kelola destinasi wisata dan homestay.

Pelatihan tersebut, lanjutnya, digelar di Wisma Anggrek Muaro Sijunjung, yang berlangsung selama tiga hari dari 25 hingga 27 Juni 2019.

"Sasaran pelatihan ini untuk seluruh masyarakat yang berada di daerah wisata dan masyarakat pengelola wisata," katanya saat pembukaan pelatihan di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa 25 Juni 2019.

Afrinaldi menambahkan, untuk mendukung tercapainya pelatihan tersebut, pihaknya mendatangkan narasumber dari praktisi dan akademisi dari provinsi Sumbar dibantu pakar dari kabupaten Sijunjung.

"Pelatihan ini akan dilakukan dalam beberapa angkatan, untuk angkatan I ini diikuti oleh 80 peserta yang dibagi menjadi dua, yakni tata kelola destinasi dan tata kelola manajemen homestay," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dihadapan peserta menyampaikan, dengan adanya pelatihan ini, diharapkan menambah wawasan peserta dalam mengelola parwisata.

"Mari ikuti dengan baik, mari kita bersama-sama fokus untuk mengembangkan pariwisata di kabupaten Sijunjung. Dengan bagusnya pelayanan kita kepada wisatawan, akan berefek positif, sehingga banyak wisatawan lain yang datang dan inputnya kepada perekonomian masyarakat," kata Yuswir.(*)