Konsumsi Makan Ikan di Sumbar Meningkat 

"Peningkatan konsumsi ikan di Sumbar mengalami kenaikan sepuluh tahun terakhir sejak diberlakukan gerakan makan ikan,dimana tingkat konsumsi ikan saat ini mencapai 38,2 kilogram perkapita pertahun"
Pedagang Ikan di Pasar Banda Air Kota Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Peningkatan konsumsi ikan di Sumbar mengalami kenaikan sepuluh tahun terakhir sejak diberlakukan gerakan makan ikan,dimana tingkat konsumsi ikan saat ini mencapai 38,2 kilogram perkapita pertahun.

"Meskipun jumlah konsumsi ikan di Sumbar masih berada di bawah nasional yang mencapai 41 kilogram perkapita pertahun. Namun kita di Sumbar masuk 10 besar konsumsi ikan tertinggi di Indonesia, dibandingkan dengan berapa daerah lain yang angkanya dibawah kita," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Yosmeri, Selasa (25/6) di kantor DKP Sumbar.

Disebutkannya, agar konsumsi ikan terus meningkat dari tahun ke tahun, pihak DKP terus melakukan sosialisasi kepada anak sekolah yang menjadi target. Apalagi dengan mengkonsumsi ikan ini akan meningkatkan kerja otak, sebab ikan mengandung berbagai protein.

"Untuk itu setiap bulan Juni, Provinsi Sumbar menetapkan hari makan ikan. Dan, di kegiatan pada tahun ini, kami mengundang siswa/i sekolah dasar pertiwi 2, bersama dengan guru dan wali murid memberikan sosialisasi manfaat mengkonsumsi ikan ini," katanya.

Selain itu kata Yosmeri selain memberikan sosialisasi untuk meningkatkan konsumsi ikan di Sumbar tinggi. Pihaknya juga meminta pelaku usaha yang bergerak di bidang UMKM yang mengelolah ika untuk berinovasi dan kreatif.

"Kita ingin mereka yang bergerak di bidang UMKM dalam pengolahan ikan untuk kreatif dalam menarik masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, apalagi banyak makanan yang diolah dari ikan dengan olahan yang kreatif, seperti randang ikan, kerupuk ikan, risoles, sate ikan, bakso ikan, nugget ikan dan lainnya," ulasnya.

Maka kata Yosmeri, dengan banyaknya makanan olahan dari ikan dengan jenis makanan yang kreatif akan menjadi daya tarik yang menarik oleh masyarakat sehingga akan lebih meningkatkan konsumsi ikan di Sumbar kedepannya.