MPP Segera Beroperasi, Urus Paspor Bisa di Balaikota Payakumbuh

"Dengan adanya MPP Kota Payakumbuh ini, masyarakat yang terdapat di sekitar wilayah Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota dapat mengajukan permohonan paspor di situ, sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh ke Agam"
Proses pembangunan MPP Payakumbuh di Lantai 1 Balaikota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Dengan rencana diujicobakannya Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh yang terdapat di lantai 1 Balaikota Baru eks Lapangan Poliko, warga Kota Payakumbuh dan daerah sekitarnya tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke Kantor Imigrasi Klas II Non TPI Agam untuk mengurus pasrpor.

Kepala Kantor Imigrasi Klas II Non TPI Agam, Dani Cahyadi menyebut, pihaknya akan membuka perwakilannya di MPP tersebut untuk memudahkan masyarakat yang ingin ke luar negeri untuk mengurus paspor.

"Dengan adanya MPP Kota Payakumbuh ini, masyarakat yang terdapat di sekitar wilayah Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota dapat mengajukan permohonan paspor di situ, sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh ke Agam," jelas Dani kepada KLIKPOSITIF, Rabu (26/6).

Di MPP Kota Payakumbuh tersebut, Kantor Imigrasi Klas II Non TPI Agam akan mulai memberikan pelayanan semenjak 1 Agustus, sesuai dengan jadwal uji coba MPP yang sudah ditetapkan Pemko Payakumbuh.

"Sesuai dengan rapat terakhir beberapa waktu. Akan mulai uji coba pada 1 Agustus 2019 dan diresmikan pada tanggal 2 atau 3 September," lanjutnya.

Dijelaskan Dani, untuk Kantor Imigrasi Klas II Non TPI Agam dengan wilayah kerja meliputi tiga kota dan lima kabupaten, pihaknya menerima permohonan paspor rata-rata 150 setiap hari.

"Untuk MPP Payakumbuh adalah MPP pertama yang kami tempati. Tapi sebelumnya kami sudah melakukan layanan jemput bola dengan datang langsung ke Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat. Itu kami lakkukan dua kali seminggu," jelasnya.

Terpisah, Kabid Pelayanan Terpadu DPM-PTSP Agus Tri Susatyo menyebut, ada 14 perangkat daerah yang akan memberikan layanan publik ditambah 8 instansi vertikal dan konter layanan sejumlah perbankan.

"MPP itu mengintegrasikan semua jenis layanan publik dalam satu gedung pelayanan. Jadi nanti masyarakat tidak perlu direpotkan ketika mengurus beberapa layanan publik. Di MPP semua tersedia, tinggal pindah ... Baca halaman selanjutnya