Untuk Tahun Ini Pemko Payakumbuh tak Terima PNS Baru, Ini Alasannya

"Kita harus sesuaikan kebutuhan kerja dengan jumlah pegawai, jadi kita maksimalkan untuk kepentingan rakyat bukan PNS"
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh memastikan tidak akan melakukan penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun ini. Keputusan itu diambil untuk memaksimalkan anggaran yang tersedia untuk kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kabid Pengadaan Mutasi dan Pemberhentian BKPSDM Payakumbuh, Dewi Mulia menyebut, sampai sejauh ini total PNS di lingkungan Pemko Payakumbuh berjumlah sekitar 3.150 orang.

"Jadi untuk tahun ini memang tidak ada penerimaan PNS di Pemko Payakumbuh," terang Dewi, Jumat (28/6).

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menerangkan, jumlah PNS yang saat ini ada di Payakumbuh sudah mencukupi untuk menjalankan setiap program pemerintah.

"Kita harus sesuaikan kebutuhan kerja dengan jumlah pegawai, jadi kita maksimalkan untuk kepentingan rakyat bukan PNS," ujar Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi di Payakumbuh, Jumat.

Riza mengatakan ia lebih memilih untuk membuka penerimaan PNS sekali dua tahun atau tiga tahun. Menurutnya, penerimaan PNS setiap tahun tidak terlalu mendesak.

"Bisa saja kita buka setiap tahun namun kami rasa itu tidak perlu, kita prioritaskan dulu anggaran untuk yang benar-benar menyentuh kepentingan rakyat," jelasnya.

Menurut Riza memaksimalkan kinerja PNS yang ada sesuai beban kerja akan lebih baik. Untuk itu, ia selalu berupaya menaikkan tunjangan pegawai yang ada agar kinerja setiap PNS di lingkungan Pemko Payakumbuh bisa maksimal.

"Tapi bukan tidak selamanya kita tidak menerima, jika tidak menerima juga tidak bagus untuk kaderisasi,," jelasnya.

Menurut Riza disitulah fungsi kepala daerah dalam manajemen mampu mengelola anggaran tidak asal habis tapi membagi porsi anggaran untuk hal yang produktif.

"Jangan setiap tahun terima, lama-lama anggaran kita habis untuk PNS," kata Riza.

Riza mengatakan porsi anggaran APBD Payakumbuh harus lebih banyak untuk hal-hal yang ... Baca halaman selanjutnya