4.564 Mahasiswa Unand Ikuti KKN 2019, 600 Fokus Kasus Stunting

"Sebanyak 4.564 mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Andalas (Unand) Padang dilepas ke daerah - daerah di Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengaplikasikan keilmuan mereka"
Rektor Universitas Andalas Prof. Tafdil Husni melepas secara simbolis peserta KKN Tematik Stunting Unand 2019 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 4.564 mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Andalas (Unand) Padang dilepas ke daerah - daerah di Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengaplikasikan keilmuan mereka.

Mahasiswa KKN Unand 2019 disebar ke beberapa daerah seperti Pasaman, Solok, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Pesisir Selatan, Sijunjung, Dharmasraya Agam, Pariaman, Kota Pariaman, Padang, dan Sawahlunto.

Rektor Unand Tafdil Husni menyampaikan, KKN merupakan wadah bagi mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah mereka diperoleh di kampus.

"Kami berharap, selain belajar mereka bisa menyelesaikan serta memetakan persoalan yang ada ditengah masyarakat," katanya usai pelepasan Mahasiswa KKN Tematik Stunting, Senin, 1 Juli 2019 di Convention Hall Unand.

Dijelaskannya, dari 4.564 mahasiswa, 600 mahasiswa yang berlatar belakang kesehatan dari Universitas Andalas (Unand) disebar di Kabupaten Pasaman Barat untuk mengatasi masalah stunting di daerah tersebut.

"Ini bentuk pengabdian kampus untuk masyarakat dan berkontribusi untuk negara dalam berbagai bidang," jelasnya.

Sementara itu, Direktur UPT KKNT Unand Prof. Dr. Syamsuardi, Msc menyampaikan, mahasiswa KKN Tematik stunting akan melakukan beberapa kegiatan mulai dari pendataan stunting, edukasi masyarakat soal gizi dan pendamping ibu hamil agar anak yang akan lahir tidak berpotensi stunting.

Tak tanggung - tanggung, satu nagari ditempatkan 20 sampai 25 mahasiswa kesehatan dari berbagai jurusan.

"Pulang mereka bawa data dan gambaran persoalan stunting ini. Jadi selanjutnya kita bersama pemerintah bisa melakukan langkah selanjutnya dan menerapkan pada daerah lain di Sumbar," ujarnya. (*)