JK: Rekonsiliasi Itu Kewajiban untuk Persatuan Bangsa

"itu bukan hanya imbauan, tapi itu juga kewajiban kita semua untuk bersatu, rekonsilisasi itu bermakna bersatu dalam mencapai tujuan walaupun berbeda dalam cara"
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) (Net)

KLIKPOSITIF -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo Subianto wajib dilakukan untuk mempersatukan bangsa pasca Pilpres 2019. Namun hingga saat ini dua tokoh yang bertarung di Pilpres 2019 itu belum juga menentukan waktu pasti untuk menggelar pertemuan.

JK menerangkan, rekonsiliasi bukan hanya sekedar imbauan saja, melainkan menjadi keharusan untuk segera dilakukan oleh elit dua kubu yakni Jokowi - Maruf Amin dan Prabowo - Sandiaga.

"Ya itu bukan hanya imbauan, tapi itu juga kewajiban kita semua untuk bersatu, rekonsilisasi itu bermakna bersatu dalam mencapai tujuan walaupun berbeda dalam cara," kata JK di Kantor Wapres RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).

Menurut JK, jika Prabowo ingin berada di luar pemerintahan Jokowi, tidak ada salahnya apabila keduanya melakukan perteuan untuk menurunkan tensi politik pasca Pipres 2019.

"Kalau sudah bersatu di atasnya di bawahnya juga akan lebih baik dan lebih mudah," ujarnya.

Menurut JK pertemuan keduanya belum bisa berlangsung karena terbentur dengan waktu.

Pasca putusan MK, JK menilai Prabowo dan Sandiaga sudah bisa menerima kekalahan usai menyampaikan rasa hormatnya kepada keputusan MK yang menolak gugatan atas adanya kecurangan selama Pilpres 2019.

"Kalau sudah menerima dengan baik, mestinya tidak ada soal lagi. Saya kira tinggal tunggu waktu aja, soal waktu," tandasnya. (*)