Nasrul Abit Genjot Notaris Sumbar Naik Tipe

"Kami berharap pihak Kemenkumham dapat mengevaluasi, kalau bisa naik secara bertahap, karena tidak mungkin kita tipe D terus. Naik dulu ke tipe C kalau bisa langsung tipe A"
Wagub Sumbar Nasrul Abit (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyebutkan, semakin hari profesi Notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah semakin berkembang, termasuk di Sumbar.

“Dulu notaris itu sangat sulit untuk dicari. Paling satu daerah satu orang pula notarisnya," ujarnya saat menghadiri halal bi halal INI-PPAT (Ikatan Notaris Indonesia- Pejabat Pembuat Akta Tanah) Pengurus Wilayah Sumbar, Rabu, 3 Juli 2019.

Disampaikannya, saat ini sudah ada sekitar 600 notaris di Sumbar, namun masih tipe D. Untuk itu perlu digenjot agar naik menjadi kategori tipe C atau mungkin sampai tipe A.

"Kami berharap pihak Kemenkumham dapat mengevaluasi, kalau bisa naik secara bertahap, karena tidak mungkin kita tipe D terus. Naik dulu ke tipe C kalau bisa langsung tipe A," katanya

Pada kesempatan itu Nasrul Abit berharap notari dapat menjadi jawaban dari berbagai persoalan tanah di Sumbar. Kemudian notari harus bijak dalam penyelesaian masalah tanah di tengah masyarakat.

"Profesi ini sangat membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan masyarakat. Soal tanah di Sumbar memang rumit dari dulu, notaris secara tidak langsung telah membantu pemerintah," ungkapnya.

Terakhir, Wagub mengapresiasi kegiatan halal bi halal yang dilakukan sebagai wadah bertukar pikiran dan pengalaman sesama notaris. "Ini ajang bertukar pikiran dan silaturahmi serta menggagas ide untuk organisasi kedepannya," pungkasnya.

Terkait dengan status Notaris Sumbar yang masih tipe D, Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Indrajaya menyampaikan, pihaknya sudah mengirim surat Kemenkum dan Ham RI, bahkan sudah membicarakan bersama pengurus pusat.

Dikatakannya, tanggal 28 Agustus mendatang pengurus wilayah akan mengadakan pemilihan ketua dan pada saat yang sama Menteri Hukum dan Ham juga kunjungan ke ... Baca halaman selanjutnya