Penetapan Anggota DPRD Kota Pariaman Ditunda, Sebab Hal Ini

"Benar ditunda. Rencananya hari ini akan dilaksanakan penetapan. Kami belum menerima salinan BRPK di Mahkamah Konstitusi,"
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Jadwal penetapan calon anggota DPRD Kota Pariaman yang direncanakan KPU Pariaman pada hari ini (Kamis, 4 Juli 2019) ditunda. Pasalnya KPU belum menerima salinan BRPK PHPU di Mahkamah Konstitusi.

Diketahui, Salinan BRPK PHPU merupakan data daerah yang ada sengketa. Jika suatu daerah dinyatakan tidak bersengketa oleh Mahkamah, penetapan hasil boleh dilaksanakan.

Kordiv Teknis KPU Kota Pariaman, Doni Kardinal, menjawab KLIKPOSITIF dengan pernyataan membenarkan adanya penundaan tersebut.

"Benar ditunda. Rencananya hari ini akan dilaksanakan penetapan. Kami belum menerima salinan BRPK di Mahkamah Konstitusi, " jawabnya, Kamis 4 Juli 2019.

Lebih lanjut dikatakannya, penundaan didasari surat KPU RI Nomor 986/PL.01.9-SD/03/KPU/VII/2019 tentang penetapan perolehan kursi dan calon terpilih hasil pemilu anggota DPRD PROV, dan DPRD KAB/KOTA tahun 2019.

"Karena itu, penetapan 20 orang calon anggota DPRD Kota Pariaman yang terpilih dari hasil pemilu 2019 ditunda sampai salinan tersebut didapati," sebutnya.

Pihaknya akan melaksanakan jadwal penetapan tersebut jika telah mendapatkan instruksi dari KPU RI.

Terkait perkara, kata Doni Kardinal, Kota Pariaman tidak ada perkara. "Tidak ada perkara terkait semua itu, namun tentu kami sifatnya menerima intruksi dari KPU RI. Hanya menunggu surat itu saja, " tegasnya.

Perihal tersebut, didasari tolok ukur jadwal tahapan penetapan yang telah diatur pada 1 hingga 4 Juli 2019, ini disimpulkan melenceng dari jadwal seharusnya. (RHS)