KPU Kabupaten Solok Tunda Penetapan Anggota DPRD Terpilih

"Belum dipastikan kapan penetapan itu akan dilakukan"
Ilustrasi (Net)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok - Sumbar menunda penetapan anggota DPRD Kabupaten Solok terpilih hasil pemilihan umum serentak 2019 lalu.

Penundaan tersebut dilakukan lantaran hingga pagi tadi, Penyelenggara Pemilu Kabupaten Solok itu belum menerima surat dari KPU-RI terkait perintah pelaksanaan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih.

Seperti diketahui, pihak KPU-RI belum menerima salinan Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dari MK yang menjadi dasar untuk penetepan hasil pemilu legislatif tingkat kabupaten.

"Kita belum terima suratnya, jadi kita harus mengundur penetapan perolehan kursi dan calon terpilih untuk anggota DPRD Kabupaten Solok," sebut Komisioner bidang Sosialisasi, Humas, Parmas dan SDM kabupaten Solok, Jons Manedi, Kamis (4/7).

Sejauh ini, sebut Jons Manedi, pihaknya masih belum mengetahui pasti apakah ada daerah Kabupaten Solok yang masuk dalam lokus sengketa pemilu untuk pemilihan legislatif kabupaten Solok.

Namun, sebelumnya, sejumlah lokasi pemilihan di kabupaten Solok sempat menjadi lokus sengketa pemilu yang diajukan oleh salah seorang peserta untuk pemilihan tingkat DPR-RI.

"Kita tidak bisa pastikan, apakah hal tersebut bakal mempengaruhi terhadap jadwal penetapan untuk tingkat DPRD Kabupaten Solok, yang jelas kita tunggu instruksi dari KPU-RI," tambahnya.

Sebelumnya, pihak KPU Kabupaten Solok menjadwalkan bakal melakukan penetapan hasil pemilu untuk legislatif Kabupaten Solok pada hari ini, Kamis (4/7).

[Syafriadi]