PPDB Online SMA Dibuka, Sekolah Favorit Terima Sesuai Juknis

"Meski penerimaan peserta didik baru kali ini menerapkan sistem zonasi, namun banyak orangtua dan calon peserta didik baru mengincar sekolah favorit"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA/SMK di Sumbar resmi dibuka Kamis (4/7) hingga Sabtu (6/7). Meski penerimaan peserta didik baru kali ini menerapkan sistem zonasi, namun banyak orangtua dan calon peserta didik baru mengincar sekolah favorit. 

Seperti di SMA Negeri 3 Padang dan SMA Negeri 1 Padang. Kedua sekolah ini dinyatakan terbaik se Kota Padang, tak heran jika sekolah favorit ini menjadi incaran orangtua murid.

Menyikapi hal itu, Kasubag Humas SMA Negeri 3 Padang, Ifna Sukmi mengatakan, pihaknya memastikan akan mengikuti aturan PPDB online sesuai dengan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Sumbar. PPDB tahun ini dilakukan secara online dengan sistem zonasi sebesar 80 persen.

"Kita sesuai dengan Pergub nomor 18 tahun 2018, kemudian ada revisi sedikit kemarin tanggal 3 Juni bahwasanya untuk jalur zonasi yang 80 persen itu ditambah untuk luar zona dan luar provinsi sebanyak 4 persen, serta luar zona dalam provinsi sebanyak 6 persen," jelasnya, Jumat, 5 Juli 2019.

Ifna menyebutkan, berdasarkan rekap pelamar SMA Negeri 3 Padang di PPDB online pada hari pertama, Kamis (4/7) pukul 11.10 WIB, telah terdaftar 240 pelamar yang bersaing untuk memperebutkan 288 kursi dengan 9 rombongan belajar (rombel) pada sistem zonasi PPDB online ini. Pendaftaran dibuka pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

"Total yang sudah kita terima di jalur PPDB offline melalui jalur tahfizh, prestasi dan perpindahan orangtau kemarin sebanyak 23 siswa, yang tinggal kelas ada 7 orang. Artinya, masih ada tersisa 258 kursi lagi untuk pendaftaran online," ujar Ifna.

Ifna juga menyarankan kepada orangtua calon peserta didik yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah perlu menyesuaikan nilai rata-ratanya dengan kapasitas sekolah yang dituju. Pasalnya, khusus di kota Padang ada sebanyak 16 SMA Negeri dengan daya tampung sekitar 1.426 orang sehingga masih ada peluang anak-anak ... Baca halaman selanjutnya