KPU Butuh Rp32 Miliar Untuk Pilkada Pasbar

"Jumlah anggaran tersebut telah di ajukan ke Kesbangpol Pasaman Barat pada Mei 2019 lalu"
Ilustrasi (Net)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Ketua Komisi Pemilhan Umum (KPU) Daerah Pasaman Barat Alharis menyebutkan pihaknya membutuhkan anggaran senilai Rp32 miliar untuk pelaksanaan Pilkada Pasaman Barat pada 23 September tahun 2020 mendatang.

"Kita membutuhkan anggaran senilai Rp32 miliar, untuk segala biaya pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat," sebut Alharis kepada KLIKPOSITIF diruang kerjanya, Jumat (5/7/2019).

Menurutnya, jumlah anggaran tersebut telah di ajukan ke Kesbangpol Pasaman Barat pada Mei 2019 lalu. Namun hingga saat ini KPU Pasbar masih menunggu hasil pembahasan pemda setempat.

Untuk diketahui kata Alharis, tahapan penyusunan peraturan dan sosialisasi serta lainnya terkait dengan pilkada, akan dimulai pada september 2019 mendatang. "Artinya proses pelaksanaan Pilkada dipersiapkan selama setahun. Baik dari tahapan aturan, tahapan sosialisasi dan berbagai tahapan lainnya," kata Alharis.

Dijelaskannya, anggaran yang diajukan senilai Rp32 miliar tersebut terdiri biaya honor PPK dan KPPS sebanyak 25 persen, selebihnya untuk biaya lainnya. Namun Alharis belum bisa menjawab secara rinci pembagian anggaran tersebut.

"Kita belum bisa menjawab itu, sebab anggaran yang diajukan masih dalam tahap pembahasan oleh pihak Pemkab Pasbar," tukas Alharis.

Disamping itu Alharis mengungkapkan, pada pemilu April 2019 yang lalu partisipasi pemilih di Pasaman Barat cukup tinggi, mencapai 88 persen dari jumlah DPT 250.723 pemilih. Partisipasi pemilih di Pasbar hampir sama dengan Pemilu 2014 lalu.

Namun dia berupaya di Pilkada 2020 mendatang partisipasi pemilih diatas angka 88 persen. "Semoga upaya meningkatkan partisipasi pemilih di September 2020 nanti dapat terwujud," harap dia.

Untuk diketahui, sebanyak 14 Pilkada secara serentak akan dilaksanakan pada 23 September 2020 di Propinsi Sumatera Barat, diantaranya 13 Pemilihan Bupati/Walikota dan 1 Pemilihan Gubernur dan ... Baca halaman selanjutnya