Gelar Perjusami Wira Kartika, Ini Pesan Danrem 032/Wbr untuk Generasi Muda

"Generasi muda itu harus punya karakter Pancasila, sehingga tidak lagi menerima karakter-karakter dan ideologi yang tak pantas berkembang di Indonesia"
Danrem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo didamping Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (Ist)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Pelaksanaan Perkemahaan Jumat, Sabtu, dan Minggu (Perjusami) Saka Wira Kartika jajaran Komando Resort Militer (Korem) 032/Wirabraja disebut Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo sebagai salah satu upaya TNI untuk membangun karakter generasi muda.

"Generasi muda itu harus punya karakter Pancasila, sehingga tidak lagi menerima karakter-karakter dan ideologi yang tak pantas berkembang di Indonesia," kata Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo pada saat membuka Perjusami Saka Wira Kartika di wilayah Kodim 0306/50 Kota, Jorong Parak Baru, Nagari Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (5/7) sore.

Pembukaan kegiatan yang diikuti siswa-siswa SMA perwakilan Kodim seluruh kabupaten kota di Sumbar itu juga ikut dihadiri oleh Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam Perjusami tersebut, para peserta diberikan berbagai pelajaran, seperti materi bela negara dan peningkatkan disiplin.

"Generasi muda harus bisa jadi agen-agen yang memfilter budaya-budaya yang tak sesuai dengan budaya Indonesia," terangnya.

Dikatakan Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo menyebut, generasi muda sebagai tonggak dan generasi penerus tidak boleh terbuai oleh istilah-istilah baru yang justru tak sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

"Mending kita menggunakan istilah yang sudah ada tapi kita bisa menjabarkannya," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyambut baik kegiatan tersebut, dia berharap melalui sinergitas TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) akan tercipta generasi muda yang siap untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

"Bagi anak-anak yang hadir harus mengikuti kegiatan ini dengan serius. Dan ketika nanti pulang dari sini akan ada yang dibawa pulang," terang orang nomor satu Kota Payakumbuh itu.

Dandim 0306/50 Kota, Letkol. Kav. ... Baca halaman selanjutnya