Sapi Agam Pemenang Kontes Ternak 2019 Direkomendasikan untuk Kurban Presiden

"sapi yang berasal dari Kabupaten Agam itu memiliki berat 1,1 ton"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat Erinaldi menyebutkan, sapi pemenang Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 direkomendasikan untuk kurban Presiden Jokowi hari raya Iduladha yang jatuh pada 11 Agustus 2019 nanti.

"Sapi pemenang Kontes ternak yang digelar di Kota Padang selama 26-28 Juni kami rekomendasikan untuk sapi kurban Presiden Jokowi di Sumbar," ujarnya kepada KLIKPOSITIF, Senin, 8 Juli 2019.

Dijelaskannya, sapi yang berasal dari Kabupaten Agam itu memiliki berat 1.100 kilogram atau 1,1 ton. Namun, Erinaldi tidak begitu mengetahui pemilik dan jenis sapi tersebut.

"Biasanya tiap tahun kurban presiden dari sapi terberat dari daerah tersebut. Nah kita di Sumbar sapi dari Agam ini yang paling berat, maka kita rekomendasikan," ujarnya.

Dikatakannya, tahun 2018 lalu sapi yang disumbangkan Presiden Joko Widodo beratnya mencapai 1.080 Kilogram atau 1,08 Ton. Ada tiga ekor sapi yang tahun lalu, diantaranya dari Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar. Akhirnya dipilih yang dari Tanah Datar.

Untuk diketahui, beberapa ternak dari Agam yang menang dalam Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 adalah sapi simental jantan milik Efendi Rasyid dari Kecamatan Ampek Angkek dan sapi simental betina milik Jafri Sanger dari Kecamatan Baso, sapi anak simental jantan milik Dulfiandri, sapi anak simental betina milik Hasrul.

Kemudian kambing PE betina milik Yodia dari Kecamatan Tilatang Kamang, sapi PO jantan milik Musra, sapi bali jantan milik Mukhni Arif dan kerbau betina milik Aurisman dari Kecamatan Palembayan. (*)