Catat! Ini Jadwal PPDB SMA/SMK di Sumbar

"sebelum dilaksanakan Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pihaknya akan melakukan sosialisasi. Mulai dari sosialisasi melalui media, cabang dinas, kepala sekolah hingga operator PPDB."
Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar) akan resmi membuka pendaftaran siswa baru SMA/SMK pada Senin 25 Juni 2019. Pendaftaran dibagi dalam dua bentuk (Online dan Ofline).

Hal itu dilakukan sebab, masih ada sekolah di Sumbar yang belum terkoneksi dengan jaringan listrik maupun Internet.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri menyampaikan, sebelum dilaksanakan Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pihaknya akan melakukan sosialisasi. Mulai dari sosialisasi melalui media, cabang dinas, kepala sekolah hingga operator PPDB.

"Senin (25/6) sudah kami mulai. Jadi 25 sampai 28 Juni 2019 pendaftaran ofline luar zonasi (prestasi dan perpindahan orang tua) dan dalam zonasi (prestasi dan anak guru terkait). Kemudian pengumuman calon yang diterima 29 Juni dan pendaftaran ulang 1 Juli," ujarnya, Kamis, 20 Juni 2019.

Selanjutnya, pendaftaran online tahap 1 dimulai 4 Juli hingga pendaftaran ulang 10 Juli. Tahap 2 pendaftaran tanggal 11, pengumuman tanggal 12 dan daftar ulang 13 Juli.

Sementara itu untuk jalur ofline karena sekolah tidak punya jaringan internet, tahan 1 dimulai 4 sampai 6 Juli, pengumuman tanggal 8 dan pendaftaran ulang 8 sampai 10 Juli. Tahan 2, siswa dapat mendaftarkan diri tanggal 11 sampai dengan 12 Juli, pengumuman dan pendaftaran ulang dilakukan hari itu juga tanggal 13.

"Tanggal 15 Juli siswa baru sudah masuk sekolah hari pertama," bebernya.

Menanggapi, lambannya pelaksanaan PPDB akibat terganjal Peraturan Gubernur (Pergub) Adib mengatakan, ada kebijakan baru dari pusat bahwa Pergub harus dievaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rentang 15 hari.

Hal itu yang menjadi keterlambatan PPDB. "Kami sudah ada jadwal dari awal, namun karena aturan baru maka terjadi keterlambatan. Sekarang sudah aman karena Pergub sudah ditangan kami," jelasnya didampingi Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar Jasman dan beberapa pejabat Disdik ... Baca halaman selanjutnya