Ini Jadwal dan Sekolah SMA/SMK Menerapkan Sistem Ofline di Sumbar

"sekolah yang menerapkan sistem ofline mayoritas di daerah pedalaman seperti di Mentawai terdapat 11 SMA dan 3 SMK yang melakukan pendaftaran ofline."
Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Keterbatasan jaringan internet membuat beberapa SMA/SMK di Sumatera Barat (Sumbar) masih menggunakan sistem daftar manual (ofline) dengan cara datang langsung ke sekolah untuk peserta didik baru.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Suryanto menjelaskan, dari laporan yang masuk ke Disdik Sumbar ada beberapa sekolah yang melakukan pendaftaran ofline dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini.

Dijelaskannya, sekolah yang menerapkan sistem ofline mayoritas di daerah pedalaman seperti di Mentawai terdapat 11 SMA dan 3 SMK yang melakukan pendaftaran ofline. kemudian SMA Negeri 1 Tigo Lurah Sawahlunto, SMA 2 Hiliran Gumanti Solok, dan SMA Negeri 1 Mapat Tunggul Selatan, Pasaman.

"Selasa (24/6) kami akan terima laporan dari kepala sekolah berapa total sekolah yang ofline," ujarnya, Sabtu, 22 Juni 2019.

Dijelaskannya, untuk jalur ofline karena sekolah tidak punya jaringan internet ini dibagi dua tahap, tahap 1 dimulai 4 sampai 6 Juli, pengumuman tanggal 8 dan pendaftaran ulang 8 sampai 10 Juli.

Tahap 2, siswa dapat mendaftarkan diri tanggal 11 sampai dengan 12 Juli, pengumuman dan pendaftaran ulang dilakukan hari itu juga tanggal 13.

"Tanggal 15 Juli siswa baru sudah masuk sekolah hari pertama," katanya.

Penerapan ofline, bertujuan memberikan kemudahan kepada calon siswa baru yang berada di daerah sulit akses.

"Kan gak mungkin juga mereka daftar harus menempuh jarak yang jauh dan medan sulit. Maka kami beri kemudahan," tukasnya. (Adv)

[Joni Abdul Kasir]