Musim Haji 2019, CJH Asal Kota Payakumbuh Turun

"Untuk 2018 lalu jumlah CJH kita itu sebanyak 296 orang. Jadi ada sedikit penurunan, sekitar 52 orang"
Kakan Kemenag Payakumbuh, Mustafa (kiri) dan Kasi PHU Jufrimal. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Untuk musim haji tahun ini, sebayak 244 warga Kota Payakumbuh akan menunaikan ibadah haji ke tanah haji. Jumlah calon jemaah haji (CJH) tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk 2018 lalu jumlah CJH kita itu sebanyak 296 orang. Jadi ada sedikit penurunan, sekitar 52 orang," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Payakumbuh, Mustafa kepada KLIKPOSITIF, Senin (8/7).

Dikatakannya, total 244 orang tersebut sudah termasuk kuota tambahan yang diterima Kota Payakumbuh untuk musim haji 2019 ini.

"Dari total 377 kuota tambahan yang didapat Sumbar. Kita di Payakumbuh mendapat tujuh kuota saja," jelasnya.

Terkait menurunnya CJH asal Kota Payakumbuh, Mustafa menilai hal itu terjadi karena memang ketika beberapa tahun lalu mengambil porsi haji, CJH tidak banyak mengambil untuk keberangkatan 2019.

"Juga ada efek kuota nasional. Tapi penyebab utamanya tetap karena yang memilih porsi haji untuk 2019 ini," lanjutnya.

Untuk daftar tunggu CJH di Kota Payakumbuh, Mustafa menyebut masih ada untuk 18 tahun ke depan.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kota Payakumbuh, Jufrimal menyebut, dalam memberangkatkan CJH ada kebijakan khusus untuk CJH yang usianya 75 tahun ke atas bisa berangkat dua tahun setelah melakukan pendaftaran.

"Apabila tahun ini CJH yang usia 75 tahun mendaftar, maka dia bisa berangkat pada 2022. Artinya, bisa berangkat pada tahun ketiga setelah pendaftaran," jelas Jufrimal.

Sementara itu, Kabag Kesra Kota Payakumbuh Ul Fakhri menyebut, untuk CJH asal Kota Payakumbuh berada di kloter 15 embarkasi Padang.

"CJH itu akan dilepas secara resmi oleh wali kota pada 15 Juli dan akan berangkat menuju embarkasi Padang pada 19 Juli dan pada 20 Juli terbang ke tanah suci," katanya. (*)