Ada Bencana Alam dan Gawatdarurat di Padang Pariaman? Segera Hubungi 119

"Selain itu juga melayani penyemputan dan rujuk gawat darurat, meliputi sesak nafas, kejang, pendarahan, tidak sadarkan diri, terjatuh, luka-luka atau curiga patah tulang, digigit binatang buas/berbisa, tersengat aliran listrik, keracunan"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Program Public Safety Center (PSC) 119 yang digagas Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menampakkan titik terang pelayanan, meski dilaunching pada tanggal 18 Januari 2018 lalu, sekarang program itu mulai beraksi, Senin 8 Juli 2019.

Diketahui, program PSC 119 sendiri merupakan program layanan kegawatdaruratan dengan cara cukup mengakses call center 119.

Yutiardi Rivai, Kadis Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman mengatakan, PSC 119 adalah panggilan kedaruratan untuk wilayah Padang Pariaman.

"Jika ada panggilan, petugas langsung menuju sumber panggilan," kata Yutriadi, Senin 8 Juli 2019.

Lebih lanjut dikatakannya, rincian kategori darurat yang dilayani PSC diantaranya, terjadi kecelakaan lalu lintas atau kecelakaan kerja di kawasan Padang Pariaman.

"Selain itu juga melayani penyemputan dan rujuk gawat darurat, meliputi sesak nafas, kejang, pendarahan, tidak sadarkan diri, terjatuh, luka-luka atau curiga patah tulang, digigit binatang buas/berbisa, tersengat aliran listrik, keracunan," jelasnya.

Tidak hanya itu, program ini juga melayani kebakaran dan korban kebakaran. "Pada hakikatnya, seluruh bencana alam akan kami respons panggilan 24 jam," sebutnya.

"Kami tim PSC siap melayani kasus berdasarkan TKP (Tempat Kejadian Perkara) bukan KTP (Kartu Tanda Penduduk), meskipun bukan ber-KTP Kab. Padang Pariaman namun kejadian di wilayah Kab. Padang Pariaman kami siap melayani dengan segera," ungkap Yutriadi.

Lebih lanjut dia mengatakan, apabila Call Center 119 mengalami gangguan atau susah tersambung masyarakat bisa menghubungi melalui Nomor Telphon : 0813 1195 7119. Info juga bisa dicek pada Fecebook FB PSC: Padangpariamanemergency. (RHS)