Warisan Budaya Dunia, Tambang Sawahlunto Promosi Pariwisata Tingkat Dunia

"Promosi tidak akan sulit lagi, karena sudah menjadi warisan budaya dunia"
Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (KLIKPOSITIF/Haikal )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, dengan ditetapkannya Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto sebagai warisan budaya dunia UNESCO akan berdampak kepada banyak sektor, diantaranya peningkatan pariwisata, budaya dan perekonomian masyarakat. 

Menurut Irwan, Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto merupakan promosi pariwisata tingkat dunia. 

"Promosi tidak akan sulit lagi, karena sudah menjadi warisan budaya dunia. Tentu pastinya wisatawan akan berdatangan untuk mengunjungi warisan budaya dunia ini dan akan berdampak kepada peningkatan semua sektor yang ada di Sumbar," ujarnya, Selasa, 9 Juli 2019.

Disebutkannya, dengan telah menjadi warisan dunia ini, maka Pemprov Sumbar dan Kabupaten/Kota yang daerahnya masuk dalam kawasan jaringan pertambangan Batubara Ombilin Sawahlunto akan melakukan rapat koordinasi dengan membentuk tim dalam pengelolaan warisan budaya dunia ini.

"Saya akan segera melakukan rapat dengan daerah yang masuk dalam kawasan jaringan  pertambangan Batubara Ombilin Sawahlunto tersebut. Apalagi, kita perlu membuat program yang terstruktur dalam hal ini, yang masih belum memadai seperti infrastruktur akan disempurnakan, namun tetap menjaga segi heritagenya. Kita ingin orang yang datang berkunjung kagum dengan warisan budaya dunia yang dimiliki Sumbar," katanya.

Dilanjutkan Irwan, perjuangan kawasan Tambang Batubara Ombilin ini menjadi warisan budaya dunia sangat panjang, dimulai sejak 2015. Saat itu, Sawahlunto dimasukan ke daftar sementara warisan budaya dunia. 

"Sejak itu, proses pengumpulan data, penyusunan dokumen , dan pengumpulan bahan lainnya dilakukan secara intensif yang melibatkan pakar dari dalam dan luar negeri," terangnya.

Kemudian, berdasarkan kajian dan saran pakar maka diputuskan area nominasi menjadi lebih luas yang ... Baca halaman selanjutnya