Pilkada Sumbar 2020, Pengamat: Jangan Pilih yang "Gadang Ota"

"Pencitraan kadang bisa hanya menjadi bahan tertawaan."
Ilustrasi (reportaserakyat.com)

PADANG, KLIKPOSITIF – Siapa yang akan maju di Pilkada Sumbar 2010, memang belum diresmikan. Namun, sejumlah nama telah mencuat, baik secara eksplisit maupun emplisit.

"Ada juga yang malu-malu mengirim pesan melalui pernyataan dari pihak lain dengan memuji-muji yang bersangkutan sebagai personal yang layak menjadi calon, tetapi apabila dikonfirmasi berita tentang keseriusan untuk maju,jawabannya masih sangat normatif dengan alasan kalau diperintah partai atau bagi yang bukan kader partai jawabannya adalah kalau ada partai yang mengusung," terang pengamat politik Yosmeri Yusuf.

Bahkan yang lebih mengambang lagi yaitu kalau didukung rakyat. Ada pula ada yang menyatakan ke berbagai pihak sebagai calon bukan keinginan dirinya tapi banyaknya permintaan dari kalangan masyarakat. Bermacam-macam gaya bahasa keraguan yang ditampilkan. Padahal rakyat tahu orang tersebut berminat.

Tetapi sebut Yosmeri, mereka masih gamang untuk menyatakan maju, karena dari bakal calon menjadi calon tentu melalui proses yang tidak mudah apalagi bagi yang bukan kader partai. Sebab partai tentu tidak semudah yang mereka bayangkan untuk memutuskan menyerahkan dukungan kursi kepada orang yang tidak berkeringat atau kader dadakan.

"Partai punya trauma masa lalu yang sering dibohongin. Setelah terpilih, umumnya partai sama sekali tidak dapat perhatian dari mereka yang terpilih, karena antara mereka dengan partai tidak punya hubungan emosional dan tidak pernah merasakan bagaimana sulitnya mengurus partai," kata Yosmeri.

Saat ini yang sudah menyatakan akan maju Pilkada Gubernur 2020 baru Mulyadi (Demokrat) dan Nasrul Abit (Gerindra). Sesuai prediksi berbagai pengamat politik Mulyadi (MYD) dan Nasrul Abit (NA) adalah dua orang yang dipastikan akan maju sebagai  gubernur sedangkan calon PKS dan PAN masih menjadi pertanyaan apakah akan maju sebagai gubernur atau wakil gubernur.

Pencitraan, sebut Yosmeri,  kadang bisa hanya ... Baca halaman selanjutnya