Peserta Lomba Camat Berprestasi Tingkat Payakumbuh Diminta Berinovasi

"Camat merupakan mediator, motivator, dan fasilitator pemerintah dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan di daerahnya. Karenanya dibutuhkan inovasi dari camat dalam memberikan pelayanan"
Pembukaan lomba camat berprestasi tingkat Kota Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pelaksanaan lomba camat berprestasi tingkat Kota Payakumbuh diharapkannya tidak hanya jadi kegiatan seremonial tahunan, tapi juga harus menjadi pemacu bagi para camat di daerah tersebut untuk memunculkan inovasi baru dalam memberikan pelayanan terhadap seluruh warga.

"Camat merupakan mediator, motivator, dan fasilitator pemerintah dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan di daerahnya. Karenanya dibutuhkan inovasi dari camat dalam memberikan pelayanan," kata Asisten I Setdako Payakumbuh, Yoherman saat membuka penilaian camat berprestasi tingkat Kota Payakumbuh di Aula Ngalau Indah, Lantai III Balaikota Payakumbuh, Selasa (9/7).

Camat berprestasi terbaik tingkat Kota Payakumbuh nantinya akan mewakili daerah tersebut untuk lomba yang sama di tingkat provinsi.

"Camat terbaik tingkat Kota Payakumbuh nantinya harus dapat bersaing dengan peserta dari kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat," ucap Yoherman.

Sementara itu, Kabag Tapem Erwan mengatakan indikator penilaian camat berprestasi ini dibagi ke dalam empat kategori penilain, pertama meliputi performance dengan bobot 15 poin, kemampuan mengekspose 30 poin, isi ekspose 35 poin, dan kemampuan menjawab pertanyaan dengan bobot 20 poin.

"Pedoman pemberian nilai tergantung kepada kenyataan atau fakta, tanggap, berwawasan luas, adanya gagasan baru, kemampuan bekerja sama, terukur, dan keterbukaan dari masing-masing peserta," katanya.

Erwan menjelaskan Tujuan diadakan kompetensi camat adalah untuk meningkatkan pengetahuan dasar pemerintahan serta semangat pengabdian camat yang berorientasi pada pelayanan dan pemberdayaan masyarakat.

"Karenanya harus ada inovasi baru yang nantinya dilahirkan oleh camat-camat yang ikut dalam lomba camat berprestasi ini," terangnya. (*)