Waduh, 29 Kasus Pencabulan Dilaporkan ke Polresta Padang Sepanjang 2019

"Mayoritas pelaku pencabulan itu dilakukan oleh orang terdekat korban"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Padang menangani 29 kasus pencabulan sepanjang tahun 2019.

Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna mengatakan bahwa kasus tersebut merupakan laporan selama tahun 2019 saja.

"Ada beberapa yang sudah sidang dan vonis, tapi masih ada juga yang kami proses dalam rangka penyelidikan dan penyidikan," ujarnya.

Ia mengatakan, salah satu kasus cabul menonjol yang diproses oleh Unit PPA Satreskrim Polresta Padang adalah kasus cabul yang dilakukan oleh calon anggota legislatif.

"Kalau untuk kasus caleg itu telah sampai di persidangan dan saat ini masih diproses," lanjutnya.

Menurut Kasat, mayoritas pelaku pencabulan itu dilakukan oleh orang terdekat korban. "Kebanyakan modusnya itu bujuk rayu. Jadi korban dibujuk dan diberikan uang oleh pelaku," lanjutnya.

Selain orang terdekat korban seperti saudara atau tetangga, kebanyakan juga dilakukan oleh kekasih korban.

"Ada juga pelakunya merupakan kekasih korban dan itu biasanya anak yang berusia 15 tahunan," lanjutnya.

Ia berharap orang tua agar bisa lebih baik lagi untuk menjaga anaknya agar tidak menjadi korban pencabulan seperti 29 kasus yang ditangani tersebut.

"Caranya dengan memperhatikan pergaulan anak dan memberikan perhatian kepada anak-anaknya agar mereka tidak salah untuk bergaul," ulasnya.

Selain itu, lanjut Kasat, agar anak tidak menjadi korban pencabulan, orang tua juga bisa memberikan nilai-nilai serta pemahaman agama yang kuat kepada anaknya.

[Halbert Caniago]