PPDB Tingkat SMP di Kota Padang Sisakan 403 Bangku Kosong

"Menurut Dinas Pendidikan Kota Padang penyebabnya peserta yang lulus namun tidak daftar ulang"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Kota Padang masih menyisakan puluhan bangku kosong. Akibatnya, masih ada sejumlah SMP yang masih kekurangan murid.

Menurut Dinas Pendidikan Kota Padang penyebabnya peserta yang lulus namun tidak daftar ulang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengatakan, penyebab masih adanya bangku kosong di beberapa SMP di Padang karena ada peserta yang lulus namun tidak daftar ulang.

Barlius menuturkan, bahwa saat ini pihaknya masih mendata jumlah bangku kosong di SMP yang ada di Padang. Hal tersebut sejalan dengan adanya laporan 32 orangtua ke Ombudsman yang menyebutkan masih banyak bangku kosong di beberapa sekolah, sementara pendaftaran telah ditutup.

"Kita masih mendata berapa jumlahnya. Jadi harap bersabar dulu," kata Barlius, Rabu, 10 Juli 2019.

Kendati demikian, mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Padang ini mengaku, pihaknya tidak mengetahui dengan pasti alasan peserta didik tersebut tidak melakukan pendaftaran ulang. Dia memandang, jika alasannya kemanusiaan, bisa saja peserta ini diberi dispensasi. Misalnya, terkendala dengan persoalan keuangan dan lain sebagai.

"Proses belajar mengajar kan dimulai tanggal 15 Juli. Ya kita tunggu saja sampai mulai sekolah pada 15 Juli mendatang. Dari situ kan baru ketahuan beberapa bangju uang tidak terisi," ulas Barlius.

Berdasarkan website psb.diknaskotapadang.id, terdapat 12 sekolah yang belum memenuhi kuota. Terdiri dari SMP Negeri 10 Padang kurang 21 murid, SMP Negeri 19 Padang kurang 73 murid, SMP Negeri 22 Padang kurang 7 murid, SMP Negeri 23 Padang kurang 96 murid, dan SMP Negeri 27 Padang kurang 9 murid.

Sementara, SMP Negeri 28 Padang kurang 1 murid, SMP Negeri 32 Padang kurang 46 murid, SMP Negeri 36 Padang kurang 86 murid, SMP Negeri 37 Padang kurang 21 murid, SMP Negeri 38 Padang kurang 15 murid, SMP Negeri 40 Padang kurang 17 murid, dan SMP Negeri 43 ... Baca halaman selanjutnya