Target Indonesia Emas 2045, Jokowi Beri Lima Instruksi ke Polri

"tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045"
Presiden Jokowi melakukan inspeksi pasukan pada Upacara Hari Bhayangkara ke-73, di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (10/7) (Setkab)

KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan lima instruksi kepada Polri sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas mengamankan negara dan melayani masyarakat. Instruksi tersebut disampaikan Jokowi saat menjadi inspektur upacara di perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Pertama, Jokowi menginstruksikan Polri untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan ancaman ke depan yang semakin kompleks.

"Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045," tutur Jokowi.

Kedua, Jokowi menginstruksikan Polri untuk mengedepankan strategi kepolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

"Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan," ujarnya.

Selanjutnya, yang keempat menginstruksikan Polri untu terus meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

Terkahir, yang kelima, Jokowi menginstruksikan Polri untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

"Demikian amanat saya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah-Nya kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada rakyat, bangsa, dan negara, dalam bingkai persatuan dan
kedamaian," ujar Jokowi.

"Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia. Teruslah menjadi Rastra Sewakottama, Abdi utama nusa dan bangsa," lanjut Kepala Negara. (*)