Harga Cabai hingga Bawang Merah Masih Tinggi di Padang

"Harga tersebut mulai merangkak naik sejak sebulan belakangan"
Pedagang cabai di Pasar Raya Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Harga cabai merah kian tinggi di Kota Padang, terpantau hari ini di Pasar Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah Padang mencapai Rp70 ribu perkilogram.

Harga tersebut mulai merangkak naik sejak sebulan belakangan.

"Hampir satu bulan belakangan, tapi minggu? ini tambah tinggi mencapai Rp70 ribu," ujar Fitri Anis (52)kepada KLIKPOSITIF, Rabu, 10 Juli 2019.

Tidak hanya cabai, lanjutnya, bawang merah dan sayur - sayuran pun ikut naik. Sehingga dirinya mulai mengurangi belanja.

"Bawang merah juga mahal mencapai Rp32 ribu sekilo, terpaksa belaja sedikit - sedikit," ungkapnya.

Hal yang juga dirasakan Ronal (29), apalagi, tuturnya, kenaikan harga bahan dapur bertepan dengan jadwal anak masuk sekolah, sehingga membebani kepada keuangan keluarga.

Menurutnya menjelang lebaran Iduladha selalu terjadi kenaikan bahan pokok, dan tidak terlalu tampak langkah pemerintah menstabilkan harga.

"Kalau kami kuli bangunan ini memang terasa kalau bahan dapur mahal, biasanya istri bawa uang lima puluh ribu ke pasar sudah cukup, sekarang tidak lagi sebab kebutuhan mahal," ujarnya.

Untuk itu dia berharap, pemerintah serta pihak terkait bisa menstabilkan harga sehingga bisa terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah.

"Secepatnyalah, sebab kalau terus menerus mahal, kami yang susah tambah susah," ungkapnya.

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF, tingginya harga cabai dan bawang merah tidak hanya terjadi di Kota Padang tetapi juga kabupaten dan kota lain di Sumbar. (*)