Insentif Tenaga Pendidik PAUD di Payakumbuh Meningkat

"Pada 2018 lalu kita memberikan insentif Rp350.000 kepada 250 orang masing-masing guru PAUD. Sedangkan 2019, sebanyak 350 orang tenaga pendidik PAUD kita berikan insentif sebesar Rp750.000 perorangnya"
Kadisdik Kota Payakumbuh, Agustion pada saat membuka kegiatan workshop kurikulum 2013 bagi tenaga pendidik PAUD di Aula SKB Payakumbuh, Rabu (10/7) (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF – Untuk 2019 ini, tenaga pendidik sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Payakumbuh dipastikan bakal menerima kenaikan insentif lebih dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pada 2018 lalu kita memberikan insentif Rp350.000 kepada 250 orang masing-masing guru PAUD. Sedangkan 2019, sebanyak 350 orang tenaga pendidik PAUD kita berikan insentif sebesar Rp750.000 perorangnya," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Payakumbuh, Agustion pada saat membuka kegiatan workshop kurikulum 2013 bagi tenaga pendidik PAUD di Aula SKB Payakumbuh, Rabu (10/7).

Dijelaskan Agustion, dengan meningkatnya insentif bagi pendidik PAUD tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan kualitas lembaga yang dikelolanya.

"Harus berbanding lurus, insentifnya kita naikkan, guru PAUD juga harus meningkatkan kualitas diri dan lembaga, salah satu caranya dengan mengikuti workshop yang kami gelar hari ini," kata Agustion.

Ditingkatkannya dana insentif tenaga pendidik PAUD itu disambut baik oleh salah seorang tenaga pendidik PAUD di Payakumbuh, Riza. Menurutnya, peningkatan intensif tersebut jadi motivasinya dalam bekerja.

"Kami sudah merasakan efek peningkatan dana insentif PAUD, dulu ya Rp250.000 kadang dibagi dengan teman dalam lembaga, sekarang kami merasa perhatian pemerintah kepada pendidik PAUD sangat terasa," ujar perempuan yang merupakan tenaga pendidik di PAUD Permata Bunda, Kelurahan Sicincin itu.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Payakumbuh Henny Zubir mengapresiasi langkah Disdik Kota Payakumbuh, selain mendukung program satu PAUD di setiap Kelurahan, ia juga menyambut baik upaya Disdik dalam meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik PAUD.

"Dengan adanya peningkatan insentif kami berharap bisa memperkuat SDM agar pendidikan bagi anak-anak kita sejak dini menjadi lebih baik, semoga nanti insentifnya dan jumlah penerimanya bertambah lagi," harap Henny. ... Baca halaman selanjutnya