Limapuluh Kota Butuh 2.917 ASN Baru

"Formasi ini telah diajukan sejak Juni lalu atau sebelum lebaran lewat jalur online"
Ilustrasi (Net)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Jelang pembukaan formasi CPNS yang dikabarkan akan bergulir, Kabupaten Limapuluh Kota membutuhkan ribuan formasi untuk mengisi posisi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS. Hal ini disampaikan Kepala BKPSDM Limapuluh Kota Aneta Budi Putra saat ditemui di ruangannya, Rabu 10 Juli 2019.

Aneta Budi mengatakan saat pengusulan kebutuhan pegawai ke KemenPAN-RB beberapa waktu lalu, tercatat sebanyak 2.917 formasi. Hal ini dikatakannya berdasarkan analisa masing-masing OPD dimana analisa tersebut mempertimbangkan beberapa poin yaitu informasi jabatan, analisa jabatan, dan peta jabatan.

"Kami telah mengajukan formasi sejak Juni lalu atau sebelum lebaran lewat jalur online. Kemudian untuk berkas atau hardcopy diantar setelah lebaran. Untuk formasi ini berdasarkan kebijakan pemerintah pusat, ada 2 pembagian kategori penerimaan yaitu CPNS sebesar 30 persen dan P3K sebesar 70 persen," kata Kepala BKPSDM Limapuluh Kota.

Ia menjelaskan saat ini di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota ada 39 SKPD dengan jumlah PNS saat ini sekitar 6.370 per 30 Juni 2019. Menurutnya untuk formasi yang dibutuhkan ada tiga kategori yaitu Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Teknis.

"Untuk tenaga guru kita membutuhkan CPNS sebanyak 293 dan PPPK sebanyak 667. Kemudian tenaga kesehatan dibutuhkan sebanyak 123 CPNS dan 279 P3K serta tenaga Teknis sebanyak 459 dari CPNS dan 1.096 dari P3K," ujarnya kemudian. 

 

[Ade Suhendra]