Setelah Jambi, Bengkulu Kepincut Dilalui Pebalap TdS 

Pembalap TdS 2018 melintasi Kampus UNP Padang
Pembalap TdS 2018 melintasi Kampus UNP Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Event Tour de Singkarak (TdS) mulai menjadi menarik bagi daerah tetangga, buktinya setelah Provinsi Jambi positif dilalui tahun ini, Bengkulu juga menyatakan ketertarikan mereka.

Ketertarikan Bengkulu disampaikan langsung kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit disela-sela rapat koordinasi gubernur se-Sumatra dua hari yang lalu.

baca juga: Cara Baru Menikmati Wisata dari Rumah, Ditengah Pendemi COVID-19

"Kami baru tahap pembicaraan, mereka menyatakan tertarik," ujar Nasrul Abit, Kamis, 11 Juli 2019 di Padang.

Dia melanjutkan, ketertarikan Bengkulu tentu belum bisa diwujudkan tahun ini, sebab proses TdS 2019 tengah belajan dan sudah masuk tahap survei jalan.

baca juga: Kemenparekraf Perkirakan Produk Ekowisata Akan Sangat Diminati Pascapandemi

Kemudian untuk merealisasikan keikutsertaan Bengkulu ini perlunya pembicaraan lebih lanjut dengan Kementerian Pariwisata dan Pekerjaan Umum (PU).

"Dua kementerian ini sangat perlu untuk dikooridinasikan, sebab kementerian pariwisata yang memiliki perhelatan ini dan kementerian pekerjaan umum untuk kondisi jalan," katanya.

baca juga: Menparekraf Ajak Anak Muda Optimistis Hadapi Masa Depan New Normal

Sebelumnya, rute yang dilalui pebalap pada kejuaraan balap sepeda Tour de Singkarak 2019 bertambah yaitu ke Sungai Penuh dan Kerinci, Jambi. Kemungkinan kalau Bengkulu ikut bisa dari Pesisir Selatan arah Bengkulu atau sebaliknya.

"Kalau Bengkulu serius kita bangun kerjasama, ya hampir sama seperti kerjasama dengan Jambi yang telah ikut TdS 2019 ini,"pungkasnya. (*)

baca juga: Kemenparekraf Pastikan Pekerja Pariwisata Bisa Akses Program Perlindungan Ketenagakerjaan

Penulis: Joni Abdul Kasir