CJH Mengidap Penyakit Bawaan, Tenaga Medis: Belum Ditemukan Penyakit Serius

"Dari lima kloter yang sudah diberangkatkan, belum ditemukan adanya penyakit serius yang menyebabkan calon jamaah haji Embarkasi Padang ditunda keberangkatannya ke tanah suci"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Dari lima kloter yang sudah diberangkatkan, belum ditemukan adanya penyakit serius yang menyebabkan calon jamaah haji Embarkasi Padang ditunda keberangkatannya ke tanah suci. 

Ketua Bidang Kesehatan Embarkasi Haji Padang, Dr. Jalil Alvani mengatakan, pemeriksaan kesehatan di Embarkasi Haji Padang lebih kepada hal-hal yang berkaitan dengan kelaikan terbang.

Pada umumnya jamaah calon haji yang diperiksa tim medis mengidap penyakit bawaan, namun tidak menghalangi mereka untuk  bisa melakukan aktifitas penerbangan.

"Jamaah calon haji asal Sumbar pada umumnya memiliki penyakit berisiko tinggi, namun lima puluh persennya masih bisa diatasi tim medis," ujar Dr. Jalil, Kamis, 11 Juli 2019.

Disebutkannya, sebanyak 80 tenaga medis dari kantor kesehatan pelabuhan dan dinas kesehatan dikerahkan untuk mengoptimalkan pelayanan medis jemaah calon haji.

Secara garis besar, tutur Dr. Jalil, laik atau tidak laiknya jamaah haji diterbangkan tergantung dua hal yakni terkendala peraturan kesehatan penerbangan internasional dan penyakit menular yang diderita jamaah meski saat berada di daerah yang bersangkutan masih dalam kondisi sehat.

"Lamanya penundaan keberangkatan tidak bisa ditentukan, tergantung kondisi kesehatan yang bersangkutan. Penundaan bisa saja berlangsung untuk beberapa waktu namun tidak tertutup kemungkinan jika penundaan berlangsung hingga periode berikutnya," tukasnya.