15 Tahun Menabung, Tukang Becak di Kota Solok Naik Haji Tahun Ini

"Setelah belasan tahun tahun menyisihkan uang dari penghasilannya mengayuh becak, ayah lima anak itu akhirnya bisa berhaji bersama sang Istri, Kasmawati (55)."
Dipenuhi Raut Wajah Bahagia, Pak Samsunur dan Istrinya jelang berangkat Haji (ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Menunaikan ibadah haji ke tanah suci menjadi impian setiap muslim di seluruh penjuru dunia, kendati Ibadah yang menjadi rukun Islam kelima itu membutuhkan biaya yang tak sedikit tidak menyurutkan keinginan orang-orang dengan ekonomi pas-pasan.

Seperti yang dialami warga kota Solok, Samsunur (58). Setelah belasan tahun tahun menyisihkan uang dari penghasilannya mengayuh becak, ayah lima anak itu akhirnya bisa berhaji bersama sang Istri, Kasmawati (55).

Lika liku perjuangan Samsunur bersama sang istri untuk mengunjungi Baitullah cukup mengharukan. Setiap hari, sejak tahun 2004 silam, Pasutri ini selalu menyisihkan uang hasil mengayuh becak yang tergolong tak seberapa.

"Kadang-kadang sehari dapat 40 ribu, tapi kalau lagi rame yang memakai jasa becak bisa 75 ribu," sebut Samsunur didampingi istrinya sehari sebelum keberangkatannya menunaikan ibadah haji.

Dari penghasilannya itu, Samsunur menghidupi keluarga dan memenuhi kebutuhan dapur setiap harinya, dan sisanya langsung ditabung untuk biaya haji. Tahun 2011, Samsunur bersama istri langsung mendaftar haji.

Kendati sudah memenuhi syarat untuk naik haji, Samsunur bersama istri harus bersabar menunggu jatah keberangkatan. mereka dijadwalkan bakal berangkat Haji tahun 2020 mendatang.

Namun, usaha dan penantian Samsunur bersama istri tidak sia-sia, mereka yang mestinya berangkat tahun besok akhirnya dimajukan untuk keberangkatan ibadah haji tahun ini.

"Jadi sebelum manasik haji kemarin, saya dikasih tahu sama teman kalau nama kami masuk dalam 125 Jamaah Calon Haji yang berangkat dari kota Solok tahun ini," cerita Samsunur.

Samsunur tak kuasa membendung rasa haru, penantian panjang dan kerja kerasnya menyisihkan uang dari hasil mengayuh becak bisa mengantarkannya bersama istri memenuhi panggilan ibadah Haji.

34 Tahun Menjadi Tukang Becak

Perjalanan hidup Samsunur penuh dengan ... Baca halaman selanjutnya