Jelang Iduladha, Persediaan Hewan Kurban Kabupaten Solok Cukup

"Diperkirakan kebutuhan hewan kurban tahun ini mencapai 3000 ekor"
Suasana Pasar Ternak Muaro Paneh. (KLIKPOSITIF)

SOLOK,KLIKPOSITIF- Dinas Pertanian kabupaten Solok mengatakan persediaan hewan kurban untuk momen perayaan hari raya Iduladha di wilayah kabupaten Solok tahun 2019 masih aman.

Berkaca dari tahun sebelumnya, diperkirakan, kebutuhan hewan kurban untuk tahun ini mencapai 3000 ekor. Sementara persediaan hewan kurban mencapai lebih kurang 4000 ekor.

"Perkiraan kita, kebutuhan hewan Qurban tahun ini lebih kurang 3000 ekor, Mayoritas merupakan sapi dan sebagian kecil ternak kambing," kata Kadis Pertanian Admaizon melalui Kabid peternakan, Topan, Jum'at (12/7).

Admaizon menjelaskan persediaan hewan kurban tersebar di berbagai tempat, kelompok tani, tingkat pedagang dan peternak mandiri. Selain membeli pada sejumlah pedagang dan pasar Muaro Paneh, panitia kurban juga kerap membeli sapi di Pasar Ternak Palangki.

Terkait soal jaminan kesehatan hewan kurban yang akan dipotong, Dinas Pertanian akan menurunkan petugas untuk memeriksa kesehatan hewan kurban, baik sebelum maupun pasca pemotongan.

"Kita juga siapkan tim yang terdiri dari dokter hewan, penyuluh dan paramedis hewan untuk mengantisipasi masuknya hewan tidak layak konsumsi ke Solok," ulas Topan.

Pihaknya juga mengimbau pedagang dan peternak untuk tidak menjual ternak betina usia produktif sehingga bisa membantu peningkatan populasi ternak di kabupaten Solok.

"Kita imbau pada masyarakat, pedagang untuk menghindari pemotongan betina produktif untuk menjaga populasi ternak," ujarnya.

Syafriadi