Kalau ada Peminat, Pemprov Sumbar akan Lepas TdS ke Swasta

"Nanti kita lihat dulu bagaimana minat sponsor (swasta), sekarang belum karena masih terlalu muda (tahun kesebelas)"
Pembalap TdS memasuki garis finish (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah memiliki rencana untuk melepas Tour de Singkarak kepada pihak ketiga atau swasta dalam penyelenggaraan. Pasalnya saat ini dana penyelenggaraan masih dibebankan kepada anggaran daerah.

"Nanti kita lihat dulu bagaimana minat sponsor (swasta), sekarang belum karena masih terlalu muda (tahun kesebelas)," ungkap Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Sabtu, 13 Juli 2019.

Menurutnya Wagub, kemungkinan TdS telah berusia 20 sampai 30 tahun baru bisa mandiri dan dikelola swasta. Berkaca kepada Tour de France sekarang sudah tahun ke 108.

"Kalau Tour de France sudah lewat seabad, sudah banyak peminatnya," ujarnya.

Dilanjutkannya, bagi Pemprov Sumbar tidak masalah kalau event balap sepeda Internasional tersebut dikelola pihak ketiga asal tidak menghilangkan branding Tour de Singkarak.

"Ndak apa dikelompokkan swasta, asalkan rutenya tetap di Sumbar, kalau dikembangkan ke daerah lain juga boleh asal tujuan awal TdS tidak ditinggalkan," tukasnya.

Sebelumnya, pengamat pariwisata Universitas Andalas Sari Lenggogeni mengatakan tahun kesebelas pelaksanaan TdS seharusnya tidak dibebankan lagi kepada anggaran daerah dan sudah didanai sponsorsip (pihak ketiga).

Menurutnya penyelanggara harus memetakan pelaksanaan, pasar dan manfaat sehingga TdS memiliki grafik yang naik bukan malah turun dari tahun ke tahun. (*)