Jadi Penyelenggara TdS 2019, Gunung Kerinci dan Kebun Teh Jadi Pemikat

"Kami terkenal dengan alam, objek wisata paling menonjol Gunung Kerinci, Perkebunan Teh di Kayu Aro, Danau Kerinci, dan Danau Kaco"
Gunung Kerinci (Agung Indrianto for KLIKPOSITIF )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi resmi terlibat dalam penyelenggaraan Tour de Singkarak 2019 ini. Sebagai event sports tourism mereka akan menjual Gunung Kerinci dan Perkebunan Teh kepada Wisatawan nantinya.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Kerinci, Ardinal mengatakan, momen TdS akan dimanfaatkan untuk promosi pariwisata di daerah itu.

"Kami terkenal dengan alam, objek wisata paling menonjol Gunung Kerinci, Perkebunan Teh di Kayu Aro, Danau Kerinci, dan Danau Kaco," "ujarnya, Minggu, 14 Juli 2019.

Kemudian, pada kesepakatan itu Kerinci juga telah menyiapkan atraksi budaya dan promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat perhelatan TdS.

"Jadwal TdS bertepatan dengan Festival dari 3 hingga 8 November. Jadi, sebelum star dan finish sampai di Kerinci, kami telah mulai kegiatan pariwisata juga, nah sebelum finish tanggal 8 itupaginya kami melaksanakan Tour de Kerinci dulu, besok nya Star lagi di Kerinci dan finish di Kota Sungai Penuh," jelasnya.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, lanjutnya, Pemkab telah menganggarkan Rp1,2 miliar dalam anggaran perubahan. Dia berharap TdS bisa membawa dampak pariwisata dengan datangnya wisatawan ke daerah dingin tersebut.

"Uang itu untuk akomodasi, pengamanan dan kegiatan TdS secara keseluruhan," tukasnya. (*)