Diresmikan, Pustu Alang Laweh Padang akan Buka Tiap Hari

"Secara bertahap Pustu ini diharapkan bisa melayani pasien umum, bayi, balita, ibu hamil dan lansia"
Fasilitas Pustu Alang Laweh Padang (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Puskesmas Pembantu (Pustu) Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan yang baru selesai direnovasi, kembali diresmikan yang diharapkan dapat mendukung penyediaan layanan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat secara dekat di kelurahan setempat.

Secara bertahap Pustu ini diharapkan bisa melayani pasien umum, bayi, balita, ibu hamil dan lansia atau masalah kesehatan lainnya.

"Kita berharap, akses masyarakat terutama di Kelurahan Alang Laweh ini akan dekat dengan kesehatan. Dimana masyarakat yang selama ini susah mendapatkan layanan kesehatan, bisa dipermudah dengan adanya Pustu Alang Laweh ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang dalam sambutannya sewaktu mewakili wali kota saat peresmian Pustu yang berada di samping Kantor Divre Bulog Sumbar, Minggu (14/7).

Sementara itu Kepala Puskesmas Seberang Padang dr. Desy Susanty menyebutkan, Pustu Alang Laweh buka setiap hari dengan dilayani oleh para perawat dan bidan. Sementara untuk waktu kunjungan dokter akan dilakukan sebanyak dua kali seminggu.

"Sebelum diresmikan kembali, Pustu ini sebetulnya telah beroperasi namun belum representatif karena masih memakai bangunan lama serta belum dialiri listrik dan belum ada air," ungkapnya.

Ia menjelaskan, bangunan Pustu tersebut mulai direnovasi semenjak awal Ramadan 1440 H lalu. Biaya pembangunannya berkay bantuan CsR Bank Mandiri.

"Insya Allah untuk layanan dasar kesehatan bisa kita berikan di Pustu ini. Cuma untuk persalinan saat ini masih belum karena persyaratannya belum memenuhi standar. Jadi silahkan bagi masyarakat khususnya yang berada di Kelurahan Alang Laweh dan sekitarnya yang ingin berobat dan memeriksakan kesehatannya silahkan datang ke Pustu ini dengan membawa persyaratan yang ditentukan," ulasnya. (rilis)