Harga Melangit, Tanam Cabai Polybag di Pekarangan Solusinya

"Untuk masyarakat perkotaan karena keterbatasan lahan cocok cara ini untuk kebutuhan sehari - hari sehingga tidak harus beli cabai di pasar"
Ronal Afni saat mengisi polybag untuk ditanami cabai (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Tingginya harga cabai sering membuat masyarakat harus meregoh uang banyak agar dapat memenuhi kebutuhan bumbu dapur. Padahal gerakan bertanam cabai merah dengan memanfaatkan lahan sekitarnya dalam pot ataupun polybag bisa jadi solusi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Syahrial Kamat, Senin, 15 Juli 2019. "Untuk masyarakat perkotaan karena keterbatasan lahan cocok cara ini untuk kebutuhan sehari - hari sehingga tidak harus beli di pasar," ujarnya.

Syahrial Kamat menjelaskan, beberapa tahun lalu, Pemko Padang telah membuat gerakan bertanam cabai yang melibatkan masyarakat secara langsung. Namun akibat harga cabai yang sempat murah selama setahun lalu hanya diangka Rp20 ribu per kilogram, membuat masyarakat malas untuk menanam cabai di perkarangan rumah.

Untuk itu dia mengajak kepada masyarakat agar kembali melakukan gerakan bertanam cabai merah dengan memanfaatkan lahan sekitarnya dalam pot ataupun polybag.

"Kita harus pandai memanfaatkan lahan sekitar untuk bertanam cabai," ujarnya.

Ia menuturkan, harga cabai merah kembali melambung tinggi. Tercacat selama satu bulan belakangan, harga cabai di Pasar Raya Padang masih berkisar di angka Rp55 ribu hingga Rp70 ribu per kilogram. Oleh karena itu ia mengimbau, setiap rumah tangga menanam minimal 10 polybag cabai merah.

"Ini supaya masyarakat tidak terlalu terdampak pada harga cabai di pasaran yang cenderung berfluktuasi. Terutama saat harga cabai meroket, seperti saat ini. Kalau ditanam dirumah, jadi tidak bergantung pada harga cabai di pasaran," sebut Syarial.

Menurut Syarial, mahalnya harga cabai merah di Kota Padang akibat berkurangnya stok dari pemasok dari wilayah Curup Provinsi Bengkulu, Sungai Penuh Kerinci, dan Jawa Tengah. Dipengaruhi akibat mengalami musim kemarau, akibatnya harga cabai merah diprediksi selama satu bulan ke depan masih diatas harga Rp50 ribu per kilogram.

Sementara itu, ... Baca halaman selanjutnya