Pemuda-Pemudi Payakumbuh Diajarkan Cara Membudidayakan Jamur Tiram

"Karena ke depan persaingan semakin ketat, untuk ilmu apapun harus dipelajari dengan baik. Melalui pelatihan ini diharapkan agar dapat membangun karakter, kepribadian pemuda untuk berpartisipasi dalam pengentasan pengangguran dan kemiskinan"
Pelatihan keterampilan pemuda dengan tema budidaya jamur tiram. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 30 pemuda pemudi Kota Payakumbuh diberikan pelatihan budidaya jamur tiram di Aula Kantor Camat Payakumbuh Timur, Senin (15/7) sampai Kamis (17/7).

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispapora) Kota Payakumbuh itu menghadirkan pratiksi jamur Drs. Nurdalis Datuak Sopiah Nan Panjang dan Konsultan Budidaya Jamur, Suci Maharani.

Kepala Disparpora Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman menyebut, kegiatan pelatihan keterampilan pemuda yang kali ini mengangkat tema budidaya jamur tiram tersebut dilakukan untuk memberi kesempatan belajar bagi pemuda usia produktif, terutama dalam membangun usaha dengan memanfaatkan sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya.

"Karena ke depan persaingan semakin ketat, untuk ilmu apapun harus dipelajari dengan baik. Melalui pelatihan ini diharapkan agar dapat membangun karakter, kepribadian pemuda untuk berpartisipasi dalam pengentasan pengangguran dan kemiskinan," kata perempuan yang karib disapa Cece itu.

Ia menambahkan melalui sejumlah program kepemudaan, pemuda Kota Payakumbuh dituntun agar dapat menumbuhkembangkan jiwa keterampilan kreatif, inovatif, professional serta berani dan bertanggung jawab dalam mengelola potensi diri dan lingkungan sebagai bekal peningkatan kualitas hidup.

"Dari pelatihan ini kami berharap peserta memiliki pemahaman dan wawasan terhadap keterampilan, serta memiliki pemikiran untuk selalu bekerja keras dan tekun," jelasnya.

Usaha jamur tiram sendiri memang bukanlah hal baru bagi warga Payakumbuh, khususnya yang tinggal Kecamatan Payakumbuh Timur. Sudah cukup banyak usaha budidaya jamur yang dikembangkan masyarkat dan dengan adanya pelatihan yang dilakukan terhadap para pemuda tersebut, diharapkan minat untuk budidaya jamur dari kalangan pemuda semakin tumbuh, sehingga bisa mengangkat ekonomi keluarga. (*)