Tahun Ini, BPS Pessel Tambah Data Sampel Rumah Tangga untuk Sakernas

"Ini dilakukan untuk perbaikan dan penjaminan kualitas Sakernas. Dan, pada tahun 2019, terdapat penambahan sampel Sakernas di seluruh Indonesia"
Pelatihan petugas BPS (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menambah data sampel untuk survei angkatan kerja nasional (Sakernas) tahun ini.

Kepala BPS Pesisir Selatan, Yudi Yos Elvin mengungkapkan, Sakernas memiliki beberapa tujuan terutama berkaitan dengan penyedian data ketenagakerjaan secara berkesinambungan.

"Estimasinya data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator pokok ketenagakerjaan serta perkembangannya di tingkat provinsi dan nasional," sebut Yudi Yos Elvin di Painan usai pembukaan pelatihan petugas Sakernas, Senin 15 Juli 2019.

Beberapa indikator, diantaranya mulai tingkat pengangguran terbuka (TPT), tingkat partipasi angkatan kerja (TPAK), tingkat kesempatan kerja (TKK), tingkat setengah pengangguran dan indikator sustainable development goals (SDGs).

"Ini dilakukan untuk perbaikan dan penjaminan kualitas Sakernas. Dan, pada tahun 2019, terdapat penambahan sampel Sakernas di seluruh Indonesia," jelasnya.

Menurutnya, khusus untuk Kabupaten Pesisir Selatan, BPS akan mengambil data sampel 640 rumah tangga, dan bertambah dari tahun sebelumnya yang hanya 440 rumah tangga.

"Untuk Pessel, kita akan menurunkan petugas sebanyak 51 orang, dan mendata di 640 rumah tangga di bulan Agustus," tutupnya.

(Kiki Julnasri)