Data BPS: Pessel Urutan Keenam Pengangguran Tertinggi di Sumbar

"tingkat pengangguran di daerah ini mencapai 5.85 persen pada 2018 atau 201 ribu angkatan kerja. "
Ilustrasi (net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menempati posisi enam tertinggi di Sumatera Barat dari 19 kabupaten/kota yang ada.

Berdasarkan catatan BPS Pesisir Selatan, tingkat pengangguran di daerah ini mencapai 5.85 persen pada 2018 atau 201 ribu angkatan kerja. Angka ini turun dibandinh tahun lalu dengan angka 5.95 persen atau 191 ribu lebih angkatan kerja.

"Ya, setelah Kabupaten Solok, Pasaman, Padang Pariaman. Kota Bukittinggi dan Padang," ungkap Kepala BPS Painan, Yudi Yos Elvin kepada wartawan di Painan, Senin 15 Juli 2019.

Menurutnya, tingginya tingkat pengangguran terbuka di daerah sejalan dengan terbatasnya lapangan kerja, utamanya sektor formal. Berdasarkan pencatatan, angkatan kerja Pessel sebagian besar masih bergerak di sektor informal seperti pertanian sektor dengan angka 44.53 persen.

Kemudian disusul sektor perdagangan hotel dan restoran, 22.47 persen. Diikuti sektor jasa-jasa 16.28 persen, lain-lain 10.90 persen dan industri pengolahan 5.81 persen.

Terpisah, Ketua DPRD, Dedi Rahmanto Putera menegaskan tingginya pengangguran di daerah ini tidak hanya dikarenakan lapangan kerja yang terbatas. Namun, juga kualitas angkatan kerja yang minim.

"Bahkan, pada 2017 Badan Pusat Statistik mencatat Pessel berada di urutan ke-12 dari 19 kabupaten/kota di Sumbar. Jadi, lulus 100 persen tidak menjamin kualitas," tuturnya.

Lanjutnya, pemerinta daerah harus punya terobosan untuk menekan tingginya angka pengangguran. Katanya, pemerintah daerah harus menumbuhkan industri kreatif dan sektor swasta lainnya di Pessel.

"Pemerintah daerah harus membangun basis perekonomian masyarakat. Sekarang yang jadi pertanyaannya, mau atau tidak," tuturnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda), Erizon menyampaikan, guna menurunkan angka pengangguran, pemerintah daerah kini fokus menggiatkan berbagai pelatihan di ... Baca halaman selanjutnya