Kuota Haji Kabupaten Pasaman Barat Penuh Hingga 2039

"Animo masyarakat Pasbar untuk menunaikan rukun islam yang kelima sangat tinggi ke tanah suci"
Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Pasbar, Haji Suharjo lubis (Irfan Pasaribu/KLIKPOSITIF)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar mencatat, hingga saat ini ada sekitar 10 ribu calon jemaah haji (CJH) masuk dalam daftar tunggu. Artinya, hingga 2039 kuota haji Pasbar telah penuh.

Hal itu dikatakan Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Pasbar, Haji Suharjo Lubis kepada KLIKPOSITIF, Senin 15 Juli 2019 di ruang kerjanya. 

"Animo masyarakat Pasbar untuk menunaikan rukun islam yang kelima sangat tinggi ke tanah suci," katanya.

Katanya, hampir tiap hari petugas selalu menerima CJH dari berbagai kalangan usia dan latar belakang mendaftar haji. 

"Hingga hari ini ada sekitar Sepuluh ribu CJH yang masuk dalam daftar tunggu. Artinya, kouta CJH hingga tahun 2039 sudah penuh. Sementara untuk penetapan jumlah kouta haji di Pasaman Barat, tidak tergantung pada banyaknya jumlah CJH itu sendiri," ujarnya. 

Pasaman Barat termasuk lima besar di Provinsi Sumbar dalam CJH terbanyak. Namun pada tahun 2020 mendatang belum bisa dipastikan ada peningkatan jumlah kuota.

"Ya tergantung itu tadi, keberangkatan CJH berdasarkan urutan waktu mendaftarnya jamaah tersebut. Untuk kouta tahun 2019 di Provinsi Sumbar mendapat sebanyak 5.027 jemaah untuk diberangkatkan haji, dari total jumlah tersebut Pasbar mendapat sebanyak 422 CJH," jelasnya. 

Pihaknya berharap kuota haji ini bertambah di tahun mendatang. "Kita sadar penambahan kouta haji ini bukan tergantung Pemerintah RI, namun tergantung Pemerintah Arab Saudi. Disamping itu, karena lamanya daftar tunggu pihaknya khawatir terhadap CJH lansia, semoga ada kebijakan kepada CJH yang Lansia agar didahulukan beĹ•angkat haji," ulasnya. 

Untuk haji tahun ini, sebanyak 422 CJH asal Pasaman Barat dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama berangkat di kloter kedua dengan jumlah sebanyak 386 CJH dan telah berangkat menuju tanah suci pada Senin (8/7) pagi lalu.

Sedangkan di ... Baca halaman selanjutnya