Tingkat Konsumsi Ikan di Sumbar 38 Kilogram Perkapita

Penjualan ikan di Pasar Raya Padang
Penjualan ikan di Pasar Raya Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pertumbuhan tingkat konsumsi ikan di Sumatera Barat (Sumbar) terus naik setiap tahun. Sejak empat tahun terakhir tingkat konsumsi ikan masyarakat daerah ini naik 2,4 Kg per orang per kapita.

Sumbar masuk 10 besar menjadi provinsi dengan tingkat konsumsi ikan tertinggi di Indonesia. Kenaikan konsumsi ikan masyarakat diklaim dari Dinas Kelautan dan Perikanan dalam mengkampanyekan gemar makan ikan.

Diawal kampanye gemar makan ikan tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumbar berada dilevel 24 Kg per kapita, kini naik menjadi 38 Kg per kapita. Kenaikan tersebut tak lepas dari sosialisasi yang begitu gencar hingga budaya makan ikan di tengah masyarakat terus meningkat.

Baca Juga

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri mengatakan, sosialisasi yang gencar diharapkan tingkat konsumsi masyarakat Sumbar bisa setara bahkan lebih dibanding tingkat konsumsi nasional yang berada di level 41 Kg per kapita per tahun.

Mengingat potensi ikan di provinsi ini sangat besar. Seperti ikan tuna misalnya, terus meningkat. Permintaan dari luar negeri juga meningkat.

"Namun yang tidak kalah penting, ada 121 turunan dari produk ikan. Artinya ikan diolah menjadi beraneka ragam makanan, camilan. Seperti rendang tuna, bakso, naget, sate dan lainnya. Semua makanan dan camilan itu enak rasanya dan membuat kita tidak bosan mengkonsumsinya," sebutnya, Selasa, 16 Juli 2019.

Dilanjutkannya, untuk mendapatkan ikan yang sehat, masyarakat memang harus memberi makan ikan dengan pakan ikan atau sayur-sayuran bukan dengan bangkai atau pun kotoran ternak apalagi atau lainnya yang tak menyehatkan.

Di lain sisi, untuk menaikkan tingkat konsumsi ikan masyarakat, pihaknya terus menyosialisasikan gemar makan ikan. Salah satunya dengan menggelar berbagai lomba yang berkaitan dengan ikan. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Joni Abdul Kasir