Puluhan Warga Pasaman dapat Pelatihan Operator Mesin dan Peralatan Pabrik Kelapa Sawit

"Pelatihan diklat ini, pertama kalinya dilaksanakan oleh Pemkab Pasbar yang kerjasama dengan Balai Diklat Industri Medan. Semua biaya penyelenggaraan ditanggung oleh balai diklat"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 50 warga Pasaman Barat, Sumbar dilepas keberangkatannya oleh Wakil Bupati Yulianto untuk mengikuti pelatihan operator mesin dan peralatan pabrik kelapa sawit di Balai Diklat Industri Medan, pada Senin 15 Juli 2019.

Seluruh peserta diklat tersebut dipilih dari seluruh nagari yang ada di Pasaman Barat (Pasbar). Mereka didiklat dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang industri pengolahan kelapa sawit selama 12 hari.

"Pelatihan diklat ini, pertama kalinya dilaksanakan oleh Pemkab Pasbar yang kerjasama dengan Balai Diklat Industri Medan. Semua biaya penyelenggaraan ditanggung oleh balai diklat," ungkap Yulianto didepan peserta diklat di halaman kediaman rumah dinasnya.

"Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada Balai Diklat Industri Medan. Tentunya dengan adanya diklat ini diharapkan, ilmu yang didapat bisa menjadi modal untuk memasuki dunia kerja dibidang Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Pasbar," jelasnya.

Sambungnya, sebab, selama ini warga pasbar yang berkerja di PKS rata-rata hanya sebagai buruh kasar. Penyebabnya SDM dalam bidang industri pengolahan kelapa sawit tidak ada. Tentunya dengan didiklat, pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Sementara, Kepala Balai Diklat Industri Medan, Indra Amin menjelaskan, pihaknya bertugas untuk menyiapkan SDM yang memiliki kompetensi dibidang industri khususnya Kelapa Sawit.

Lebih lanjut dijelaskan Indra Amin, nantinya dalam pelatihan Diklat seluruh peserta tersebut, materinya akan dibagi menjadi tiga kelompok diantaranya materi pembelajaran teori selama 8 hari, praktek kerja selama 2 hari dan ujian kompetensi selama 2 hari.

Dia berharap, seluruh peserta dapat lulus dalam ujian kompetensi. Sehingga dengan itu, bisa membantu peserta untuk memulai mendapatkan pekerjaan di PKS yang ada di Pasbar," tutupnya. [Irfan Pasaribu]