Dukung Program Presiden Terpilih, Kartu Pra Kerja dan Kartu Sembako Masuk APBN 2020?

"desain programnya masih dibahas diantara menteri terkait di bawah koordinator Menko Perekonomian."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengemukakan, pemerintah mendesain Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 untuk mendukung program-program pembangunan di dalam rangka tahun pertama RPJPM 2020-2024, juga untuk menampung visi misi presiden terpilih dan juga prioritas serta janji kampanye.

“Jadi APBN 2020 didesain di dalam rangka untuk mendukung program-program tersebut,” kata Sri Mulyani dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas tentang Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2020 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/7) sore.

Mengenai asumsi makro, Menkeu mengaku belum bisa menyampaikan sekarang, karena nanti akan terlihat di dalam Nota Keuangan yang akan disampaikan oleh Presiden bulan Agustus mendatang. Namun ada di dalam range yang sudah dibahas dengan DPR pada saat pembahasan awal.

“Kita akan mendesain untuk Nota Keuangan nanti adalah pertumbuhan pajaknya akan diupayakan cukup tinggi namun realistis dimana untuk PPH dan PPN akan didesain berdasarkan pertumbuhan ekonomi 5 tahun terakhir ini,” kata Menkeu seraya menambahkan, saat ini juga masih di dalam proses untuk membahas undang-undang perpajakan yang nanti pengaruhnya terhadap tarif dan penerimaan negara.

“Mungkin baru akan dirasakan pada akhir tahun 2020 atau awal 2021,” sambung Menkeu.

Namun Menkeu Sri Mulyani mengemukakan, untuk 2020 nanti juga akan ada penyesuaian. Diharapkan ada penyesuaian tarif cukai maupun untuk tambahan barang kena cukai baru, seperti plastik yang bisa meningkatkan dari sisi penerimaan tapi lebih diandalkan di dalam mengendalikan konsumsi.

Sementara terkait belanja pemerintah, Menkeu mengemukakan, pada tahun 2020 akan ada beberapa belanja yang merupakan janji dari Presiden.

Pertama, untuk destinasi dari pariwisata akan mendapatkan prioritas dari sisi keseluruhan belanja yang menyangkut belanja infrastruktur, baik itu di tempat ... Baca halaman selanjutnya