Ramilis dan Nursila, Dua Nenek yang Terus Menjaga Kerajinan Daun Pandan

"Sehelai saat ini kalau dijual harganya mulai dari Rp25 ribu sampai Rp35 ribu. Harga tersebut sesuai ukurannya"
(KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sudah mulai tergerus zaman, pengrajin daun pandan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat masih tetap eksis. Meski pasarnya tidak lagi banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Pengrajin pandan atau pandan beduri ini, masih bisa ditemukan di Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang. Tidak seeksis pengrajing tahun 50-an silam, tapi masih tetap bertahan hingga kini.

Pengrajin pandan di kampung ini, biasa mengelola daun pandan untuk dijadikan sejumlah cendera mata untuk keperluan rumah tangga. Diantaranya, seperti tikar, tas dan beragam cendera mata lainnya.

Saat ini pengrajin pandan dikampung ini, hanya dilakoni para ibu-ibu tetua setempat yang sudah berumur dari kiasaran 60-an keatas. Karena, secara turun temurun, tidak banyak lagi yang meminati keahlian ini.

Salah satunya yang masih eksis, ialah Ramilis (71). Sehari-hari, Ramilis masih mempertahan kepandaian. Meski tidak serutin, waktu diusia mudanya di era 70-an dan 90-an.

Hari ini, sambil menunggu waktu senjanya, setiap hari ia mengisi kesibukannya dengan merajut daun-daun pandan menjadi tikar. Meski tidak lagi dipasar, tikar-tikar yang dihasilkan masih tetap banyak diminati pembeli.

Selain, Ramilis, juga ada Nursila (82). Nursila sendiri, setiap hari juga sama dengan Ramilis. Walaupun, hasilnya kerajinan pandan yang dibuat tidak lagi dijual selain hanya jadi koleksi sendiri kerena kekhasannya.

"Sehelai saat ini kalau dijual harganya mulai dari Rp25 ribu sampai Rp35 ribu. Harga tersebut sesuai ukurannya," ungkap Ramilis.

Beragam model yang dibuat saat ini, salah satunya tikar. Karena, tikar masih ada orang memesan. Diantaranya seperti tikar untuk salat, serta tikar untuk tidur. Dimana, kekhasan kerajinan ini dianggap nyaman saat digunakan.

Pandan duri dengan nama latin pandanus tectorius. Selain nama pandan duri, tumbuhan ini juga biasa dikenal dengan pandan tikar, ... Baca halaman selanjutnya