Tuan Rumah MTQ Nasional, Wagub: Jika Perlu Jemput Kafilah yang Sedang Merantau

"Jika memang anak-anak yang sedang merantau tersebut kemampuan dan potensinya di bidang MTQ sangat besar, Pemprov akan berusaha untuk mendatangkan mereka"
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebagai tuan rumah, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menargetkan masuk lima besar dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020 nanti.

Untuk mencapai target tersebut, berbagai persiapan dimatangkan dari sekarang mulai dari pembinaan kafilah hingga keinginan mendatangkan putra daerah potensial namun sedang tidak berada di Sumbar.

"Informasi yang saya dapat ada 8 putra-putri kita (Sumbar) potensial yang mampu menjadi kafilah sedang merantau ke luar daerah," ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Selasa, 16 Juli 2019.

Menurutnya Jika memang anak-anak yang sedang merantau tersebut kemampuan dan potensinya di bidang MTQ sangat besar, Pemprov akan berusaha untuk mendatangkan mereka.

Nasrul Abit meminta seluruh panitia, pelatih dan pembina agar selalu kompak untuk mempersiapkan Qori dan Qoriah. Serta,

"Kita harus bisa mempersiapkan kafilah MTQ yang terbaik, agar dapat meraih juara, kalau bisa gunakan qori dan qoriah terbaik, termasuk yang juara STQH Nasional ke XXV di Pontianak yang lalu," pintanya.

Nasrul Abit berpesan pada MTQ Nasional ke-28 tahun 2020 bisa mengembalikan kejayaan Sumbar.

"Harus ada peningkatan, lima besar target kita atau paling tidak enam besar seperti tahun sebelumnya. Kalau perlu kita datangkan pelatih-pelatih hebat dari luar," sebutnya.

Sementara itu Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar, Syaifullah menyampaikan, sejauh ini pihak LPTQ Sumbar telah melakukan tiga kali training center (TC) untuk calon-calon khafilah MTQ Nasional dari Sumatera Barat. Dari TC tersebut LPTQ telah mendapatkan beberapa peserta yang bisa melampaui batas nilai nasional.

Dalam penjelasan Syaifullah ada 6 cabang dari total 8 cabang MTQ Nasional yang telah melampaui standar nilai nasional seperti, Tilawah Qiroat Putra, Tilawah Qiroat Putri, Tafsir Bahasa Indonesia Putri, Tilawah Remaja Putra dan Tafsir Bahasa Inggris ... Baca halaman selanjutnya