Kemenag Pasbar Pastikan Paspor 36 CJH Sudah Selesai

"36 CJH terpaksa berangkat terpisah, karena jumlah sebelumnya melebihi satu kloter"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF --  Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) memastikan administrasi dan paspor 36 Calon Jemaah Haji (CJH) yang akan berangkat pada pada gelombang kedua di kelompok terbang (kloter) 18 sudah selesai.

Menurut Kasi Haji dan Umroh Kankemenag Pasbar Suharjo Lubis, 36 CJH terpaksa berangkat terpisah, karena jumlah sebelumnya melebihi satu kloter.

Pembagian keberangkatan menjadi dua kloter karena berlebih dari jumlah maksimal satu kloter. Rencananya ke-36 CJH asal Pasbar akan dilepas keberangkatan mereka pada Minggu (21/7) mendatang menuju Kota Padang.

Sesampai di Padang mereka akan digabung dengan jamaah dari daerah Pasaman, Sijunjung, Padang, Limapuluh Kota, Payakambuh, Pessel, Mentawai, Bukittinggi, Solok, Pariaman, Padang Pariaman, Tanah Datar dan Agam.

Di kloter 18, jamaah gabungan dari berbagai daerah itu berjumlah sebanyak 371 CJH. Mereka akan diberangkatkan menuju tanah suci pada Selasa (23/7/2019) malam.

Suharjo mengaku, seluruh persiapan administrasi sudah siap dan lengkap, termasuk paspor lima jemaah yang sebelumnya dilaporkan masih dalam tahapan pengurusan di Kantor Imigrasi Agam.

Namun kata Suharjo, pihaknya akan melakukan manasik dan pembelakan tambahan kepada CJH yang akan berangkat gelombang dua. Hal itu bertujuan agar jemaah lebih siap saat melaksanakan ibadah haji.

Pada gelombang kedua ini, usia tertua CJH Pasbar berumur 88 tahun. Meski demikian, berdasarkan pemeriksaan dan pantauan petugas, kondisi kesehatan dan fisik seluruh jemaah sangat sehat dan siap berangkat.
 
[Irfan Pasaribu]